Search for collections on Undip Repository

UKM GO-GLOBAL : MEMBANGUN PRO-GROWTH OPPORTUNITY EXPLOITABILITY UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN INTERNASIONAL

MUNA, Nalal (2023) UKM GO-GLOBAL : MEMBANGUN PRO-GROWTH OPPORTUNITY EXPLOITABILITY UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN INTERNASIONAL. Doctoral thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._D___Cover___12020118510045.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._D___Abstrak_(Inggris)___12020118510045.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._D___Abstrak_(Indonesia)___12020118510045.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._D___Daftar_Isi___12020118510045.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._D___Daftar_Pustaka___12020118510045.pdf - Published Version

Download (982kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._D___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020118510045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Modal social merupakan aset relasional dalam bisnis yang memiliki peran penting
dalam mengeksplorasi berbagai informasi dan akses ke pasar dunia yang membantu
usaha kecil dan menengah dalam meningkatkan kinerja pemasaran internasional.
Penelitian ini berangkat dari adanya inkonsitensi hasil penelitian yang berusaha
mendalami pengaruh modal social terhadap kinerja pemasaran internasional.
Berakar pada Resource Advantage Theory of Competition (RAToC), penelitian ini
berusaha mengeksplorasi sudut pandang baru mengenai sumberdaya dengan
keunggulan komparatif yang mampu membantu perusahaan mencapai keunggulan
posisional di pasar internasional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model konseptal yang diuji
secara empiris guna menjadi solusi atas kesenjangan penelitian mengenai pengaruh
modal social terhadap kinerja pemasaran internasional. RAToC mendasari proses
sintesa teori yang mengusulkan konstruk baru yaitu Pro-growth Opportunity
Exploitability sebagai variabel mediasi yang bersinergi dengan variabel lainnya
yakni product authenticity, export positional advantage, dan kecepatan
internasionalisasi untuk dapat meningkatkan kinerja pemasaran internasional.
Penelitian cross-sectional dilakukan dengan respondennya adalah pemilik
usaha/manajer usaha kecil dan menengah sektor industri kayu, furniture dan
kerajinan di Jawa Tengah. Sejumlah 325 sampel diolah menggunakan Structural
Equation Model dengan bantuan SPSS AMOS 23. Penelitian ini mengusulkan
delapan hipotesis, lima hipotesis terdukung secara statistic sedangkan dua hipotesis
lainnya tidak terdukung. Untuk pengujian hipotesis mediasi, pro-growth
opportunity exploitability memiliki pengaruh mediasi dan memiliki pengaruh serial
mediasi bersama dengan export positional advantage dalam menjembatani
hubungan modal social dan kinerja pemasaran internasional. Hal ini memberikan
penegasan bahwa perusahaan yang memiliki modal social yang kuat dan progrowth opportunity exploitability yang baik mampu mencapai keunggulan
posisional ekspor yang dapat meningkatkan kinerja pemasaran internasional.
Penelitian ini memberikan penegasan pada RAToC dalam menjelaskan comparative
advantages sebagai suatu proses evolusi sumberdaya yang mampu menciptakan
nilai tambah dan tumbuh bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: modal social, pro-growth opportunity exploitability, kinerja pemasaran internasional, keunggulan posisi ekspor, usaha kecil dan menengah
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Doctor Program in Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:27
Last Modified: 13 May 2024 04:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21895

Actions (login required)

View Item View Item