Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN PERSEPSI RISIKO KECELAKAAN DAN SAFETY CLIMATE DENGAN PERILAKU SAFETY RIDING PADA PENGENDARA OJEK ONLINE DI SEMARANG

HAKIKI, YANUARI ANTIKA NUR (2024) HUBUNGAN PERSEPSI RISIKO KECELAKAAN DAN SAFETY CLIMATE DENGAN PERILAKU SAFETY RIDING PADA PENGENDARA OJEK ONLINE DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO YANUARI.pdf - Published Version

Download (493kB)

Abstract

Perkembangan teknologi tak luput pada bidang transportasi, dimana saat ini terdapat jasa transportasi umum berbasis aplikasi online yaitu ojek online. Ojek online memiliki risiko tinggi mengalami kecelakaan kerja. Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko kecelakaan, diperlukan perilaku safety riding yang aman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi risiko kecelakaan dan safety climate dengan perilaku safety riding pada pengendara ojek online di Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian survei bersifat analitik observasional. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 pengendara ojek online Komunitas X di Semarang dengan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian pada penelitian ini menggunakan angket yang diadopsi dari kuesioner Driving Safety Questionnaire (DSQ), angket persepsi risiko kecelakaan, dan angket SCQ-MOD (Safety Climate questionnaire-Modifiied for Online Drivers). Analisis univariat dan bivariat menggunakan uji hubungan rank spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi risiko kecelakaan (p-value =0,004 dan r = 0,448) dan safety climate (p-value = 0,012 dan r = 0,394) dengan perilaku safety riding pada pengendara ojek online Komunitas X di Kota Semarang.

Kata kunci : Perilaku Safety Riding, Persepsi Risiko Kecelakaan, Safety Climate

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:31
Last Modified: 18 Mar 2024 06:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21828

Actions (login required)

View Item View Item