Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PENGGUNAAN OBAT KAPTOPRIL TERHADAP RISIKO KARIES BERDASARKAN LAJU ALIRAN, PH, DAN VISKOSITAS SALIVA (Studi Pada Pasien Hipertensi Rumah Sakit Nasional Diponegoro dan Puskesmas Padangsari Semarang)

Luthfiany, Khanasya Cahya and Hardini, Nadia and Setyawan, Aris (2024) PENGARUH PENGGUNAAN OBAT KAPTOPRIL TERHADAP RISIKO KARIES BERDASARKAN LAJU ALIRAN, PH, DAN VISKOSITAS SALIVA (Studi Pada Pasien Hipertensi Rumah Sakit Nasional Diponegoro dan Puskesmas Padangsari Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak KTI_Khanasya Cahya Luthfiany)
Abstrak KTI_Khanasya Cahya Luthfiany.pdf

Download (99kB)

Abstract

Tujuan: Mengetahui pengaruh penggunaan obat kaptopril terhadap risiko karies berdasarkan laju aliran, pH, dan viskositas saliva. Metode: Penelitian observasi analitik dengan desain penelitian cross-sectional dengan jumlah sampel sebanyak 40 sampel yang terdiri dari kelompok pengguna obat kaptopril dan kelompok kontrol. Sampel saliva tanpa stimulasi diambil dan diukur laju aliran, pH, serta viskositas. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji analisis komparatif. Hasil: Hasil uji Kruskal Wallis menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan p<0.001 (p<0.05) antara penggunaan obat kaptopril terhadap risiko karies pada kelompok pengguna obat kaptopril yang dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil uji Post Hock Mann Whitney didapatkan perbedaan signifikan pada data pH p<0.001 (p<0.05) dan viskositas saliva p=0.011 (p<0.05) terhadap risiko karies. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang tidak signifikan p=0.569 (p>0.05) pada data laju aliran saliva terhadap risiko karies. Kesimpulan: Terdapat pengaruh penggunaan obat kaptopril terhadap risiko karies berdasarkan laju aliran, pH dan viskositas saliva di Rumah Sakit Nasional Diponegoro dan Puskesmas Padangsari Semarang tahun 2023.

Kata kunci : kaptopril, hipertensi, laju aliran saliva, pH saliva, viskositas saliva, risiko karies

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kaptopril, hipertensi, laju aliran saliva, pH saliva, viskositas saliva, risiko karies
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Dentistry
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 18 Mar 2024 02:23
Last Modified: 18 Mar 2024 02:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21801

Actions (login required)

View Item View Item