Search for collections on Undip Repository

STRATEGI DINAS PARIWISATA DALAM MENGEMBANGKAN KOTA LAMA SEMARANG 2021 PASCA PANDEMI COVID-19

Putra, Ezra Rizky (2024) STRATEGI DINAS PARIWISATA DALAM MENGEMBANGKAN KOTA LAMA SEMARANG 2021 PASCA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (629kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (765kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (581kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)

Abstract

Kota Lama yang termasuk dalam kategori wisata budaya, menjadi penyumbang
utama pendapatan Kota Semarang. Penurunan pendapatan pada tahun 2020
menunjukkan penurunan yang signifikan karena pendapatan dari mengunjungi
Kota Lama tidak mencapai lebih dari 10 miliar, berbeda dengan tahun 2019 yang
mencapai lebih dari 10 miliar. Sektor pariwisata mengalami penurunan yang sangat
berdampak bagi perekonomian masyarakat yang mengandalkan pariwisata dalam
hal ini masyarakat sekitar kawasan Kota Lama Semarang. Tujuan dalam penelitian
adalah untuk menganalisis strategi Dinas Pariwisata dalam meningkatkan
Pendapatan Daerah khususnya obyek wisata Kota Lama tahun 2021 pasca pandemi
Covid-19 serta faktor pendukung dan penghambat Dinas Pariwisata dalam
melaksanakan strategi tersebut. Penelitian menggunakan Teori Manajemen
Strategis oleh David J Hunger dan Thomas L. Wheelen disertai dengan analisis
SWOT serta Teori Pariwisata dan Teori Pendapatan Asli Daerah sebagai
pendukung kerangka teori penelitian. Pada penelitian ini menggunakan metode
penelitian berupa deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi
dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menemukan
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Kebijakan yang ditetapkan
adalah upaya untuk meningkatkan kesadaran untuk menjaga dan memelihara Kota
Lama kepada setiap elemen yang terlibat di kawasan Kota Lama dari unsur
masyarakat, pelaku usaha UMKM, hingga para pengunjung. Akan tetapi, masih
banyak kebijakan yang dinilai belum efektif untuk menjaga dan memelihara Kota
Lama Semarang karena regulasi yang tidak efektif. Dinas Kebudayaan dan
Pariwisata melakukan upaya berupa penyediaan Gedung Galeri Kreatif sebagai
upaya meningkatkan ekonomi kreatif di tengah masyarakat dan juga mendorong
masyarakat untuk melakukan digitalisasi ekonomi terutama di tengah pandemi
Covid-19. Akan tetapi, banyak pihak yang merasa digitalisasi ekonomi tidak
menjadi solusi yang efektif untuk mempertahankan perekonomian di tengah kondisi
pandemi Covid-19 sehingga masih banyak para pelaku usaha yang tetap
menjalankan usahanya secara luar jaringan. Evaluasi juga dipantau melalui
pelaporan kinerja dan keuangan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang
dan juga melalui penyediaan sarana dan prasarana aparatur. Dinas Kebudayaan dan
Pariwisata melakukan transparansi anggaran melalui website SiRUP, namun
transparansi anggaran tersebut masih banyak tidak diketahui oleh berbagai pihak
yang terlibat dalam kegiatan pariwisata Kota Lama Semarang. Dinas Kebudayaan
dan Pariwisata yang dinilai kurang dapat merangkul pihak-pihak lain dalam
merumuskan rencana strategis juga dianggap sebagai salah satu faktor penghambat
pelaksanaan rencana strategi pengembangan Kota Lama.
Kata Kunci : Kota Lama, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 15 Mar 2024 03:19
Last Modified: 15 Mar 2024 03:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21785

Actions (login required)

View Item View Item