Search for collections on Undip Repository

ALIH KODE, CAMPUR KODE DAN INTERFERENSI DALAM ANIME YAKITATE!! JAPAN 「焼きたて!!ジャぱん」アニメにおける コードスイッチングとコードミックと干渉

Gresia Dimitrisa Putri, Gresia (2023) ALIH KODE, CAMPUR KODE DAN INTERFERENSI DALAM ANIME YAKITATE!! JAPAN 「焼きたて!!ジャぱん」アニメにおける コードスイッチングとコードミックと干渉. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Skripsi_Gresia Dimitrisa Putri - Gresia Dimitrisa.docx

Download (220kB)

Abstract

INTISARI

Putri, Gresia Dimitrisa. 2023. “Alih Kode, Campur Kode dan Interferensi dalam Anime Yakitate!! Japan.”. Skripsi. Program Studi S1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro. Dosen Pembimbing Reny Wiyatasari, S.S., M.Hum.

Penelitian ini mengkaji tentang alih kode, campur kode dan interferensi yang terjadi antara bahasa Jepang standar dan dialek Kansai, dialek Osaka, dialek Nagoya, atau bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud dan faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode serta mendeskripsikan proses interferensi di dalamnya.

Data penelitian yang digunakan berupa penggalan dialog dalam anime yang mengalami alih kode, campur kode dan interferensi dikumpulkan menggunakan metode simak dengan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Data dianalisis menggunakan metode padan translasional dengan teknik pilah unsur penentu (PUP) yang alat penentunya berupa kemampuan dan bahasa lain. Hasil analisis data disajikan menggunakan metode penyajian informal.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pada anime Yakitate!! Japan ditemukan sebanyak 32 data tuturan yang terdiri dari 10 data alih kode, 14 data campur kode, dan 8 data interferensi.

Kata Kunci: Alih Kode, Campur Kode, Interferensi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 13 Mar 2024 03:19
Last Modified: 13 Mar 2024 03:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21717

Actions (login required)

View Item View Item