Pinem, Gerry Rambandoni (2024) PENGARUH STRUKTUR SPASIAL PERKOTAAN DAN TEORI LIMA KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU KESELAMATAN BERKENDARA PADA SISWA SMA NEGERI DI PINGGIRAN KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO; FAKULTAS TEKNIK.
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak Gerry.pdf Download (9kB) |
Abstract
Manusia merupakan faktor penyumbang terbesar dalam sebagian besar kecelakaan di jalan secara
global. Tingginya angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas pada usia muda terjadi karena kurangnya
pengetahuan dan pandangan para usia muda terhadap risiko bahaya yang ada di jalan raya. Jumlah kematian
pada pelajar SMA di Indonesia tercatat sebanyak 80.641 orang pada tahun 2020. Perilaku keselamatan
berkendara memegang peranan penting dalam mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas bagi pengemudi
kendaraan bermotor dan pengguna jalan lainnya. Personality atau kepribadian biasanya didefinisikan sebagai
kecenderungan perilaku yang stabil dari orang-orang dari waktu ke waktu atau ciri-ciri psikologis yang
memprediksi perilaku seseorang. Dalam konteks keselamatan, kepribadian dapat menjadi faktor utama
terjadinya kecelakaan di jalan yang dijelaskan pada Teori Lima Kepribadian. Selain itu, fasilitas pendukung
jalan yang baik dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan. Struktur spasial sendiri telah terbukti dapat
mempengaruhi perilaku perjalanan seorang individu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Engineering Engineering > Urban and Regional Planning |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Urban and Regional Planning |
Depositing User: | nurohmi pwk |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 01:40 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 01:40 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21714 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |