SHAFIRA PUTRI RADHWANISSA, WINONA (2023) RELOKASI DAN PENGEMBANGAN SLB-B (TUNARUNGU) KARNNAMANOHARA SLEMAN DENGAN APLIKASI KONSEP DEAFSPACE. Undergraduate thesis, UNDIP.
![]() |
Text
01 cover.pdf - Submitted Version Download (39kB) |
![]() |
Text
03 Lembar Pengesahan.pdf - Submitted Version Download (112kB) |
![]() |
Text
06 Abstrak.pdf - Submitted Version Download (32kB) |
![]() |
Text
10 Bab 1.pdf - Submitted Version Download (321kB) |
![]() |
Text
11 Bab 2.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
12 Bab 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
![]() |
Text
13 Bab 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (959kB) |
![]() |
Text
15 Bab 5.pdf - Submitted Version Download (29kB) |
Abstract
SLB/B diklasifikasikan sebagai fasilitas pendidikan luar biasa yang memberikan pelayanan pendidikan khusus bagi anak-anak penyandang tunarungu. Seiring bertambahnya jumlah penyandang tunarungu di DIY Yogyakarta, SLB/B Karnnamanohara sebagai satu-saturya SLB/B di Kabupaten Sleman yang khusus menangani tunarungu dinilai memiliki potensi dan prospek yang baik di masa depan sehingga perlu untuk terus dikembangkan. Selain sebagai tempat pelayanan pendidikan khusus bagi penyandang tunarungu, SLB/B Karnnamanohara Sleman memiliki potensi sebagai pusat maupun
percontohan layanan fasilitas pendidikan tunarungu bagi kota-kabupaten lain di DIY Yogyakarta.
Namun SLB/B Karnnamanohara yang sudah ada memiliki berbagai permasalahan. Permasalahan berupa permasalahan pengelolaan, permasalahan desain, serta lokasi tapak.
Dilihat dari potensi dan kondisi yang ada maka dapat disimpulkan diperlukan relokasi beserta pengembangan SLB/B Karnnamanohara sebagai wadah kegiatan pendidikan, sarana
bersosialisasi, Dengan pendekatan Universal Design dan disertai penerapan konsep deafspace design sebagai standart bangunan yang baik bagi penyandang tunarungu. Metode yang digunakan penulis awalnya dengan mempelajari pengertian dan hal-hal
mendasar melalui literatur mengenai pendidikan luar biasa, tinjauan tunarungu, tinjauan standar sarana dan prasarana untuk Sekolah Luar Biasa (SLB), tinjauan mengenai kurikulum
SLB, tinjauan Universal Design, dan tinjuan konsep deafspace design. Selain itu juga dilakukan studi banding langsung ke SLB/B Widya Bhakti Semarang dan studi preseden lainnya. Hasil studi banding in kemudian dijadikan referensi bagi perancangan Relokasi dan Pengembangan SLB/B Karnnamanohara Sleman. Tapak yang digunakan adalah tapak yang berada pada BWK III yaitu Kecamatan Depok, Sleman. Selain itu jugadibahas mengenai penataan massa dan ruang dalam bangunan sesuai
aplikasi konsep deafspace, penampilan bangunan, struktur, serta utilitas yang dipakai dalam perancangan Relokasi dan Pengembangan SLB/A Dria Adi di Semarang. Diharapkan, Tugas Akhir ini mampu menjawab permasalahan yang ada, baik pada tapak, maupun masalah dari aspek lain.
Kata Kunci : Sekolah Luar Biasa, Tunarungu, Universal Design, Deafspace Design
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Engineering > Architecture Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Architecture Engineering |
Depositing User: | Magister Arsitektur |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 05:55 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 05:55 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |