Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KARAKTERISTIK DEMOGRAFI, TIPE KEPRIBADIAN, DAN BEBAN KERJA MENTAL TERHADAP BURNOUT PADA GURU HONORER SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN BANDUNGAN

RIYANTI, LIYA DWI (2024) HUBUNGAN KARAKTERISTIK DEMOGRAFI, TIPE KEPRIBADIAN, DAN BEBAN KERJA MENTAL TERHADAP BURNOUT PADA GURU HONORER SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN BANDUNGAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO LIYA.pdf - Published Version

Download (496kB)

Abstract

Burnout merupakan sebuah reaksi dari individu ketika mereka mengalami stres interpersonal dan emosional yang sering didefinisikan sebagai sebuah sindrom dengan tiga dimensi khusus yaitu kelelahan emosional, depersonalisasi, dan berkurangnya pencapaian pribadi. Di negara – negara Asia sebanyak 50% – 70% orang yang mengalami burnout mayoritas memiliki pekerjaan sebagai guru. Burnout dapat disebabkan oleh faktor dari dalam maupun luar diri individu. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan hubungan karakteristik demografi, tipe kepribadian, dan beban kerja mental terhadap burnout pada Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bandungan. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuantitatif pendekatan studi cross sectional pada 37 responden berdasarkan teknik total sampling. Variabel karakteristik demografi yaitu usia, jenis kelamin, status pernikahan, tingkat pendidikan, dan masa kerja diukur menggunakan kuesioner; variabel tipe kepribadian diukur menggunakan angket DISC; variabel beban kerja mental diukur menggunakan kuesioner NASA-TLX; dan variabel burnout diukur menggunakan kuesioner MBI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 62.2% responden berusia muda; 59.5% responden berjenis kelamin perempuan; 56.8% responden belum menikah; 78.4% responden berpendidikan sarjana; 70.3% responden masa kerjanya baru; 54.1% responden bertipe kepribadian steady; 56.8% responden memiliki beban kerja mental tinggi; dan 78.4% responden mengalami burnout tingkat sedang. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan antara beban kerja mental terhadap burnout dengan (p-value=0.003), serta tidak ada hubungan antara usia (p- value=0.437), jenis kelamin (p-value=0.848), status pernikahan (p-value=0.720), tingkat pendidikan (p-value=0.253), masa kerja (p-value=0.599), dan tipe kepribadian (p-value=0.618) terhadap burnout.

Kata Kunci : Burnout, Karakteristik Demografi, Tipe Kepribadian, Beban Kerja Mental

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 07 Mar 2024 08:20
Last Modified: 07 Mar 2024 08:20
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21667

Actions (login required)

View Item View Item