Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK PEMBAYARAN E-MONEY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BATIK SOLO TRANS

Asngari, Rahma Nur Wahidahtun (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK PEMBAYARAN E-MONEY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BATIK SOLO TRANS. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (604kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (367kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (85kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (170kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam suatu kota membutuhkan adanya transportasi untuk membantu masyarakat di kota tersebut berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan mudah. Saat ini banyak kota besar di Indonesia salah satunya, yaitu Kota Surakarta menyediakan
transportasi publik yang diberikan oleh Pemerintah Kota Surakarta disebut dengan Batik Solo Trans (BST) terdiri dari berbagai koridor dengan rute jalan yang berbeda-beda. Pada saat ini, Batik Solo Trans (BST) telah memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat Kota Surakarta terkait dengan kinerja inovasi dari metode pembayarannya, yaitu menggunakan kartu elektronik atau dapat pembayaran e-money. Dengan metode pembayaran baru ini membuat proses transaksi pembayaran menjadi lebih cepat karena masyarakat hanya perlu untuk tap kartu elektronik yang dimilikinya ke alat tap atau scan barcode yang tersedia didalam bus. Namun, terdapat indikasi bahwa masyarakat merasa tidak puas terhadap pembayaran e-money yang diterapkan karena masih terdapat berbagai kendala.
Tujuan dari penelitian ini, yaitu menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dankualitas produk terhadap kepuasan pelanggaan dengan diterapkannya sistem pembayaran e-money di Batik Solo Trans (BST). Peneliti akan menganalisis melalui teori kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan, dan kualitas produk. Metode
penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket. Dalam menentukan subjek penelitian, peneliti akan menggunakan teknik convenience sampling. Hasil penelitian yang dihasilkan oleh peneliti, yaitu kualitas pelayanan pembayaran emoney secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai 4,322 yang berarti memberikan pengaruh yang positif. Kualitas produk pembayaran e-money secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai 4,315 yang berarti memberikan pengaruh yang positif. Kualitas pelayanan dan kualitas produk pembayaran e-money secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai 67,038 yang berarti memberikan pengaruh yang positif.
Kata Kunci: Batik Solo Trans, E-Money, Kualitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:13
Last Modified: 31 May 2024 01:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21641

Actions (login required)

View Item View Item