Search for collections on Undip Repository

GAMBARAN MASYARAKAT JEPANG ZAMAN EDO DALAM UKIYO-EKARYA UTAGAWA HIROSHIGE 歌川広重の浮世絵における江戸時代日本社会の描写

NAJMA FAIRUS HANDOKO, NAJMA (2023) GAMBARAN MASYARAKAT JEPANG ZAMAN EDO DALAM UKIYO-EKARYA UTAGAWA HIROSHIGE 歌川広重の浮世絵における江戸時代日本社会の描写. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
GAMBARAN MASYARAKAT JEPANG ZAMAN EDO DALAM UKIYO.docx

Download (229kB)

Abstract

Handoko, Najma Fairus, 2023. “GAMBARAN MASYARAKAT JEPANG ZAMAN EDO DALAM UKIYO-E KARYA UTAGAWA HIROSHIGE”, Skripsi, Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Universitas Diponegoro, Semarang. Pembimbing Dewi Saraswati Sakariah, S.S., M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas masyarakat Jepang pada zaman Edo berdasarkan unsur-unsur budaya universal yang tergambarkan dalam ukiyo-e karya seniman Utagawa Hiroshige. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan melakukan observasi pada karya ukiyo-e Utagawa Hiroshige dan analisis penelitiannya menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan yaitu teori kebudayaan Koentjaraningrat mengenai tujuh unsur kebudayaan universal. Teori digunakan untuk mengkategorisasikan karya serta menganalisis aktivitas masyarakat berdasarkan unsur budaya yang tergambar pada karya ukiyo-e. Data primer yaitu karya ukiyo-e‘One Hundred Famous Views of Edo’ dan sumber buku. Data sekunder diambil melalui informasi pada buku, jurnal dan artikel penelitian, kamus, dan internet. Hasil analisis dalam penelitian ini, ditemukan aktivitas masyarakat Jepang zaman Edo berdasarkan unsur-unsur budaya dalam karya ukiyo-e Utagawa Hiroshige sebagai berikut: 1) Berdasarkan unsur bahasa terdapat 2 wujud yaitu karakter kanji dan hiragana Bahasa Jepang; 2)Berdasarkan unsur sistem pengetahuan terdapat 2 wujud yaitu jembatan dan perahu layar; 3) Berdasarkan unsur organisasi sosial terdapat wujud sebagai sistem pimpinan pada kebijakan sankin kotai; 4) Berdasarkan unsurperalatan hidup dan teknologi terdapat 4 wujud yaitu transportasi air, transportasi darat, pakaian dan wadah, serta tempat berlindung; 5) Berdasarkan unsur mata pencaharian hidup terdapat 4 wujud yaitu samurai, nelayan, geisha dan kabuki, dan pedagang; 6) Berdasarkan unsur religi terdapat 2 wujud yaitu kuil dan ritual keagamaan; 7) Berdasarkan unsur kesenian terdapat 3 wujud yaitu geisha, hanami, dan festival.

Kata kunci: ukiyo-e;unsur budaya universal; zaman edo; Utagawa Hiroshige

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 07 Mar 2024 02:50
Last Modified: 07 Mar 2024 02:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21639

Actions (login required)

View Item View Item