Search for collections on Undip Repository

MAKNA KEPUTUSASAAN HIDUP PADA ALBUM KAMISAMA, BOKU WA KIDZUITESHIMATTA KARYA KAMIBOKU (KAJIAN SEMIOTIKA SASTRA) 神僕の「神様、僕は気づいてしまった」のアルバムに人生の絶望の意味(文学記号論研究)

Putri Prameswari, Putri (2023) MAKNA KEPUTUSASAAN HIDUP PADA ALBUM KAMISAMA, BOKU WA KIDZUITESHIMATTA KARYA KAMIBOKU (KAJIAN SEMIOTIKA SASTRA) 神僕の「神様、僕は気づいてしまった」のアルバムに人生の絶望の意味(文学記号論研究). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Putri Prameswari_Skripsi_Full - Putri Prameswari.docx

Download (253kB)

Abstract

Prameswari, Putri. 2023. Makna Keputusasaan Hidup Pada Album Kamisama, Boku Wa Kidzuiteshimatta Karya Kamiboku (Kajian Semiotika Sastra). Skripsi Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang, Universitas Diponegoro.
Skripsi ini mengkaji makna keputusasaan hidup yang terdapat pada diri manusia dalam lirik lagu di album Kamisama, Boku Wa Kidzuiteshimatta. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui struktur fisik dan batin, kemudian menjabarkan makna keputusasaan hidup menggunakan teori semiotika Michael Riffaterre. Sebagai objek kajian, diambil lima dari tujuh lirik lagu dalam album tersebut. Sementara, metode yang digunakan ialah metode struktural dengan pendekatan semiotika.
Berdasarkan analisa, dapat disimpulkan bahwa limalirik lagu mempunyai tema putus asa. Namun dalam lima lirik lagu, digambarkan perasaan putus asa dengan makna yang berbeda-beda. Pada lirik, digunakan diksi, imaji, majas, serta nada yang beragam. Melalui teori semiotika Michael Riffaterre pula, dapat diketahui makna sesungguhnya dalam frasa pada kelima lirik lagu tersebut. Terdapat perasaan kesepian, trauma, perilaku menutup diri, mempertanyakan keberadaan Tuhan, dan seseorang yang meminta pertolongan. Album ini juga memiliki kaitan antar lirik. Dimana perasaan putus asa dalam kelima lirik lagu mempunyai ujung yang sama, yaitu kepasrahan akan hidup.
Kata kunci: Putusasa, liriklagu, semiotika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Humanities
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Japanese
Depositing User: Mr indra kusuma
Date Deposited: 07 Mar 2024 01:55
Last Modified: 07 Mar 2024 01:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21632

Actions (login required)

View Item View Item