Search for collections on Undip Repository

PENGARUH TERPAAN PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS ULASAN ONLINE KONSUMEN DI MEDIA SOSIAL DENGAN MINAT BELI SEPEDA MOTOR YAMAHA NMAX

NGABETI, ARMA (2023) PENGARUH TERPAAN PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS ULASAN ONLINE KONSUMEN DI MEDIA SOSIAL DENGAN MINAT BELI SEPEDA MOTOR YAMAHA NMAX. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (627kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (437kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (705kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (141kB)

Abstract

Sepeda motor Nmax sebagai salah satu produk keluaran Yamaha mengalami penurunan penjualan selama tiga tahun berturut-turut. Kondisi idealnya dengan mengeluarkan promosi penjualan setiap tahun berupa potongan harga, cashback, pemberian voucher maupun bonus seharusnya mampu mendorong pembelian sepeda motor. Disisi lain juga terdapat ulasan online di media sosial yang berasal dari pengguna Nmax, dimana Yamaha Nmax mendapatkan peringkat tinggi dengan skor 4.8 dari 5. Ulasan yang mengandung informasi positif semestinya bisa menumbuhkan minat pembelian calon konsumen secara positif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan promosi penjualan dan kualitas ulasan online konsumen di media sosial dengan minat beli sepeda motor Yamaha Nmax.
Penelitian merupakan tipe penelitian eksplanatori dengan menggunakan teknik non probability sampling. Jumlah responden sebanyak 100 orang dengan kriteria laki-laki dan perempuan, berusia 22-34 tahun, berdomisili Jateng dan DIY, pernah melihat, mendengar atau membaca ulasan online maupun promosi penjualan Yamaha Nmax. Pengujian menggunakan analisis regresi linear sederhana, hasilnya menunjukan terpaan promosi penjualan berpengaruh terhadap minat beli sepeda motor Nmax dengan nilai signifikansi sebesar 0,036 (<0,05). Kemudian, kualitas ulasan online konsumen di media sosial juga perbengaruh dengan minat beli sepeda motor Nmax dengan nilai signifikansi sebesar 0,007 (<0,01).
Kata Kunci: Terpaan Promosi Penjualan, Kualitas Ulasan Online Konsumen, Minat Beli, Sepeda Motor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 06 Mar 2024 07:36
Last Modified: 06 Mar 2024 07:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21616

Actions (login required)

View Item View Item