Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Pemberian Formula Enteral Berbasis Tepung Sorgum dan Tepung Kedelai terhadap Trigliserida pada Tikus Wistar dengan Hiperglikemia

Sania Rizkita, Maura and Probosari, Enny and Tri Susilo, Mursid and Nur Afifah, Diana Pengaruh Pemberian Formula Enteral Berbasis Tepung Sorgum dan Tepung Kedelai terhadap Trigliserida pada Tikus Wistar dengan Hiperglikemia. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Maura Sania Rizkita.pdf

Download (85kB)

Abstract

Latar Belakang : Resistensi insulin pada penderita DM dapat memengaruhi metabolisme lipid yang ditunjukkan dengan peningkatan kadar trigliserida (TG). Formula enteral berbasis tepung sorgum dan tepung kedelai yang memiliki kandungan serat pangan berpotensi menurunkan kadar trigliserida.

Tujuan : Mengetahui pengaruh pemberian formula enteral berbasis tepung sorgum dan tepung kedelai terhadap trigliserida pada tikus wistar dengan hiperglikemia.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang memakai tikus wistar dalam 4 kelompok, meliputi K-, K+, P1, dan P2. Kelompok K+, P1, serta P2 dikondisikan DM dengan menginjeksi STZ-NA. Kelompok K- dan K+ hanya diberikan pakan standar. Kelompok P1 dan P2 diberikan pakan standar dan formula enteral berbasis tepung sorgum dan tepung kedelai dengan dosis 4,41 g/hari dan 5,51 g/hari selama 28 hari. Kadar TG ditentukan menggunakan metode GPO-PAP. Paired t-test digunakan untuk analisis perbedaan kadar TG sebelum dan setelah intervensi. Uji One Way Anova dengan uji lanjutan digunakan untuk mengetahui perbedaan kadar antar kelompok.

Hasil : Ada perbedaan kadar TG sebelum dan sesudah intervensi pada kelompok K+, P1, dan P2. Kadar trigliserida pada kelompok K+ meningkat sebesar 11,37%. Kadar trigliserida pada kelompok P1 serta P2 menurun, masing – masing sebanyak 29,2% serta 31,85%.

Simpulan : Pemberian formula enteral berbasis tepung sorgum dan tepung kedelai dengan dosis 4,41 g/hari dan 5,51 g/hari selama 28 hari dapat menurunkan kadar trigliserida, masing – masing 29,22% dan 31,85%.

Kata Kunci : formula enteral, tepung sorgum, tepung kedelai, kadar trigliserida, hiperglikemia

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 29 Feb 2024 06:47
Last Modified: 29 Feb 2024 06:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21489

Actions (login required)

View Item View Item