Search for collections on Undip Repository

PENGARUH CITRA NEGARA ASAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI CITRA MEREK (STUDI PADA KONSUMEN MOBIL WULING DI KOTA SEMARANG)

HASMORO, Alexander Dio (2023) PENGARUH CITRA NEGARA ASAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI CITRA MEREK (STUDI PADA KONSUMEN MOBIL WULING DI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010119130106.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119130106.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010119130106.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010119130106.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010119130106.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119130106.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penjualan industri mobil di Indonesia dapat dikatakan berkembanga pesat
pada kurun waktu terkahir. Merek mobil yang dijadikan objek dalam penelitian ini
yakni Wuling yang merupakan sebuah merek kendaraan asal Liuzhou, Guangzi,
Tiongkok. Merek ini dijalankan oleh perusahaan Liuzhou Wuling Automobile
Industry, Co., Ltd., yang merupakan sebuah perusahaan patungan oleh Wuling
Group dan Dragon Hill Holdings Limited. Penelitian ini dilakukan di Kota Semarang
yang menghasilkan pra penelitian berupa rendahnya keputusan pembelian yakni
terdapat indikasi permasalahan mengenai keputusan pembelian konsumen Wuling di
Kota Semarang dalam indikator "Kebutuhan saya terhadap mobil Wuling tinggi",
"Saya merasa jumlah produk yang dikeluarkan mobil Wuling bervarian dan memiliki
banyak tipe", dan "Saya akan membeli produk mobil Wuling lagi di kemudian hari"
yang mayoritas menyatakan "tidak".
Penelitian ini menggunakan konsumen Wuling di Kota Semarang sebagai
pipulasi penelitian, kemudian pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
purposive sampling dan memiliki beberapa kriteria. Sampel pada penelitian ini
berjumlah 150 responden dengan kriteria pernah mengambil keputusan untuk
membeli mobil Wuling minimal 1 jenis mobil serta berdomisili di Kota Semarang.
Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode structural equation model
(SEM) serta diolah dengan software AMOS.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan citra negara asal berpengaruh positif
signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh positif signifikan
terhadap keputusan pembelian, serta negara asal berpengaruh positif signifikan
terhadap citra merek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Citra Negara Asal, Citra Merek, Keputusan Pembelian, Wuling, Kota Semarang
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:49
Last Modified: 22 Apr 2024 02:56
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21461

Actions (login required)

View Item View Item