Search for collections on Undip Repository

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUTUSAN MASYARAKAT DALAM PENGGUNAAN LAYANAN PUSKESMAS TANPA ANTRIAN (PUSTAKA) DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Puskesmas Sekaran)

ISMAIL, BUNGA GUSTIKASARI (2024) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUTUSAN MASYARAKAT DALAM PENGGUNAAN LAYANAN PUSKESMAS TANPA ANTRIAN (PUSTAKA) DI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Puskesmas Sekaran). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO BUNGA.pdf - Published Version

Download (428kB)

Abstract

Puskesmas Tanpa Antrian (PUSTAKA) adalah salah satu layanan inovasi pendaftaran online yang diterapkan di seluruh puskesmas Kota Semarang. Layanan ini disesuaikan dengan kemajuan teknologi sehingga dapat mempermudah pasien. Program ini bertujuan untuk mengurangi jumlah antrian untuk dalam mendapatkan layanan kesehatan. Layanan ini diperuntukkan untuk pasien lama rawat jalan non gawat darurat di puskesmas tersebut. Layanan ini bisa diakses melalui SMS, WhatsApp, dan website. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan Keputusan masyarakat dalam penggunaan layanan Puskesmas Tanpa Antrian (PUSTAKA) di Puskesmas Sekaran. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan kuesioner yang dilakukan pada 107 responden dengan kategori pasien lama rawat jalan dan berusia 17 – 65 tahun di Puskesmas Sekaran. Pengolahan data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel umur (p = 0,006), pekerjaan (p = 0,044), pendidikan (p = 0,007), sikap (p = 0,017), persepsi kebutuhan (0,006), dan kemudahan memperoleh informasi (p = 0,021) terhadap keputusan menggunakan layanan Puskesmas Tanpa Antrian (PUSTAKA). Sementara itu, penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara variabel pengetahuan (p = 0,812) dan ketersediaan fasilitas (p = 0,114) dengan keputusan menggunakan layanan Puskesmas Tanpa Antrian (PUSTAKA). Harapannya Puskesmas Sekaran dapat melakukan demonstrasi penggunaan layanan PUSTAKA oleh tenaga kesehatan, komunikasikan manfaat dan unggulan layanan, serta kolaborasi antara tenaga kesehatan dan masyarakat di sekitar Puskesmas Sekaran.

Kata Kunci : Pendaftaran online, antre, keputusan penggunaan, Puskesmas Tanpa Antrian (PUSTAKA)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:18
Last Modified: 27 Feb 2024 08:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21451

Actions (login required)

View Item View Item