Search for collections on Undip Repository

PERANAN DINAS KETENAGAKERJAAN PROVINSI JAWA TENGAH DALAM RANGKA UPAYA PENURUNAN ANGKA KECELAKAAN KERJA. _004 HAN 2024

WIBOWO, DENIS VALENIA and Sa’adah, Nabitatus and Suhartoyo, Suhartoyo (2024) PERANAN DINAS KETENAGAKERJAAN PROVINSI JAWA TENGAH DALAM RANGKA UPAYA PENURUNAN ANGKA KECELAKAAN KERJA. _004 HAN 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Denis Valenia Wibowo_cover.pdf

Download (512kB)
[img] Text
Denis Valenia Wibowo_abstrak.pdf

Download (242kB)
[img] Text
Denis Valenia Wibowo_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text
Denis Valenia Wibowo_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
Denis Valenia Wibowo_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img] Text
Denis Valenia Wibowo_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
Denis Valenia Wibowo_dapus.pdf

Download (335kB)

Abstract

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sangat penting dalam ketenagakerjaan. Definisi dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah menjaga keselamatan diri yang berkaitan dengan alat-alat di sekitar yang dapat membahayakan keselamatan diri. Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah selaku pengawas bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Jawa Tengah. Tujuan penelitian ini adalah meneliti mengenai penyebab angka kecelakaan kerja tinggi di Jawa Tengah dan untuk mengetahui peran Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah dalam menurunkan angka kecelakaan kerja dan faktor serta hambatan yang dialami saat berusaha menekan angka kecelakaan kerja di Jawa Tengah. Penelitian ini melalui pendekatan yuridis empiris yang mengkaji berlakunya hukum di masyarakat dengan spesifikasi deskriptif analitis untuk menggambarkan permasalahan peristiwa yang dipertanyakan dalam tugas akhir skripsi ini. Penelitian ini termasuk dalam jenis data berupa data primer berupa wawancara ke pihak Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode analisis data dengan cara analisis kualitatif dari data primer, data sekunder, dan data tersier yang selanjutnya menghasilkan kesimpulan dari topik permasalahan. Penelitian ini menggunakan penyajian data berbentuk narasi yaitu deskripsi dari hasil penelitian dan berbentuk tabel dengan menyusun baris dan kolom yang terdiri dari kategori tertentu.
Penulisan ini meneliti angka kecelakaan kerja di Provinsi Jawa Tengah yang disebabkan oleh kelalaian pekerja dalam mengoperasionalkan peralatan kerja, alat kerja yang tidak sesuai standar keamanan dan kurangnya edukasi pekerja atau pengusaha tentang penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Peran Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah selaku penanggung jawab dalam bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Jawa Tengah ini sudah cukup optimal dalam mengawasi penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di semua perusahaan yang berada di Jawa Tengah meskipun terdapat beberapa faktor dan hambatan seperti kurangnya sumber daya manusia di Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah. Pengawas Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Provinsi Jawa Tengah tetap bertanggung jawab pada tugasnya dalam menurunkan angka kecelakaan kerja di Jawa Tengah.
Kata Kunci: Peran, Dinas Ketenagakerjaan, Provinsi Jawa Tengah, Kecelakaan Kerja, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran, Dinas Ketenagakerjaan, Provinsi Jawa Tengah, Kecelakaan Kerja, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:23
Last Modified: 27 Feb 2024 04:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21414

Actions (login required)

View Item View Item