Search for collections on Undip Repository

TINJAUAN YURIDIS GUGATAN PENGHAPUSAN PENDAFTARAN MEREK AMAZON (STUDI PUTUSAN NOMOR 67/PDT.SUS- MEREK/2021/PN.NIAGA.JKT.PST). _011 Dagang 2024

ELVIA, INDRI and Saptono, Hendro and Rahmanda, Bagus (2024) TINJAUAN YURIDIS GUGATAN PENGHAPUSAN PENDAFTARAN MEREK AMAZON (STUDI PUTUSAN NOMOR 67/PDT.SUS- MEREK/2021/PN.NIAGA.JKT.PST). _011 Dagang 2024. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Indri Elvia-cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Indri Elvia-abstrak.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Indri Elvia-bab 1.pdf

Download (245kB)
[img] Text
Indri Elvia-bab 2.pdf

Download (351kB)
[img] Text
Indri Elvia-bab 3.pdf

Download (371kB)
[img] Text
Indri Elvia-bab 4.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Indri Elvia-dapus.pdf

Download (183kB)

Abstract

Kesadaran pentingnya mendaftarkan merek di Indonesia semakin meningkat, sehingga tidak terlepas dari terjadinya sengketa dalam merek dagang. Salah satunya ialah sengketa penghapusan pendaftaran merek AMAZON di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Persoalan ini bermula saat permohonan pendaftaran merek AMAZON oleh Amazon Technologies Inc yang dapat dikategorikan sebagai merek terkenal ditolak oleh Direktorat Merek di Kelas 9 dan Kelas 11 karena adanya merek AMAZON milik Andrew Tanuwijaya dengan jenis kelas yang sama. Sebagai negara peserta Konvensi Paris dan TRIPs Agreement, sudah seharusnya Indonesia memberikan perlindungan hukum terhadap merek terkenal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yuridis normatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari putusan Mahkamah Agung Nomor 124 K/Pdt.Sus-HKI/2023 jo. Putusan Nomor 67/Pdt.Sus-Merek/2021/PN.Niaga.Jkt.Pst, peraturan hukum merek yang berlaku dan pernah berlaku, buku dan literatur tentang merek.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa ketentuan hukum merek yakni Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis yang menganut sistem pendaftaran konstitutif dengan prinsip first to file tidak hanya memberikan perlindungan hukum, tetapi justru dapat memberikan kerugian bagi merek terkenal yang belum didaftarakan karena tidak dapat mendaftarkan mereknya jika sudah ada yang mendaftar lebih dahulu atas nama tersebut oleh pihak lain.
Kata Kunci: Merek, Gugatan Penghapusan Merek, Merek Terkenal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Merek, Gugatan Penghapusan Merek, Merek Terkenal
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:40
Last Modified: 07 Mar 2024 08:29
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21374

Actions (login required)

View Item View Item