Search for collections on Undip Repository

THE INFLUENCE OF PRICE SENSITIVITY AND ENVIRONMENTAL CONCERN ON GREEN PURCHASE INTENTION WITH GREEN ATTITUDE AS MEDIATING VARIABLE (STUDY ON TOYOTA HYBRID VEHICLE IN INDONESIA)

PIDEKSA, Christian Krishna (2023) THE INFLUENCE OF PRICE SENSITIVITY AND ENVIRONMENTAL CONCERN ON GREEN PURCHASE INTENTION WITH GREEN ATTITUDE AS MEDIATING VARIABLE (STUDY ON TOYOTA HYBRID VEHICLE IN INDONESIA). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010119190079.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119190079.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010119190079.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010119190079.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010119190079.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119190079.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sektor otomotif di Indonesia saat ini menjadi lebih variatif dibandingkan
beberapa tahun yang lalu, terutama ketika Kendaraan Listrik Hibrid (Hybrid
Electric Vehicle) mendapatkan popularitas tersendiri. Salah satu pemain di pasar
Indonesia adalah Toyota. Toyota datang ke Indonesia dengan memboyong Camry
dan Prius mereka di sektor pasar yang lebih tinggi, namun mereka juga
memboyong Innova Zenix untuk menjangkau lebih banyak segmen konsumen.
Penelitian ini ingin menguji pengaruh kepedulian lingkungan, sikap ramah
lingkungan, dan sensitivitas harga terhadap niat pembelian ramah lingkungan di
pasar Indonesia.
Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB) untuk mengetahui
pengaruh antar variabel terhadap niat pembelian ramah lingkungan. Sasaran
penelitian adalah masyarakat Indonesia berusia 22 hingga 65 tahun ke atas yang
pernah membeli mobil Toyota, punya intensi membeli mobil atau berpengalaman
menggunakan mobil tersebut. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square
Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dan SmartPLS 3.0 untuk menganalisis
data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepedulian Lingkungan tidak berpengaruh
terhadap Niat Membeli Ramah Lingkungan. Kemudian Sensitivitas Harga
berpengaruh positif signifikan terhadap Niat Membeli Ramah Lingkungan. Selain
itu, Kepedulian Lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap hubungan
terhadap Sikap Ramah Lingkungan. Selanjutnya Sensitivitas Harga berpengaruh
signifikan terhadap Sikap Ramah Lingkungan. Selain itu, Kepedulian Lingkungan
mempunyai pengaruh positif tidak langsung terhadap Niat Membeli Ramah
Lingkungan dengan menggunakan Sikap Ramah Lingkungan sebagai variabel
mediasi. Selain itu, Sensitivitas Harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan
secara tidak langsung terhadap Intensi Pemebelian Ramah Lingkungan dengan
Sikap Ramah Lingkungan sebagai variabel mediasi. Terakhir, Sikap Ramah
Lingkungan berpengaruh signifikan terhadap Intensi Pemebelian Ramah
Lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kendaraan Listrik Hibrid, Theory of Planned Behavior, Kepedulian Lingkungan, Sensitivitas Harga, Sikap Ramah Lingkungan, Niat Membeli Ramah Lingkungan.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:12
Last Modified: 22 Feb 2024 03:12
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21372

Actions (login required)

View Item View Item