Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Kanker Payudara dan Pemeriksaan Payudara Sendiri pada Remaja Putri SMA Al-Azhar 14 Semarang

Aulia, Putri Aisyah and Basyar, Edwin and Himawan, Ari Budi and Prasetyo, Agung Aji (2024) Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Kanker Payudara dan Pemeriksaan Payudara Sendiri pada Remaja Putri SMA Al-Azhar 14 Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI .pdf

Download (79kB)

Abstract

Latar belakang: Kanker payudara menjadi permasalahan kesehatan pada wanita serta faktor utama morbiditas dan mortalitas di dunia. Angka kejadian kanker payudara terdapat jumlah kematian meraih diatas 22 ribu jiwa kasus di Indonesia. Pencegahan primer, sekunder, atau tersier terhadap kanker payudara dapat dilakukan dengan penyuluhan kesehatan.
Tujuan: Mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan remaja putri SMA Al-Azhar 14 Semarang.
Metode: Penelitian yang dilakukan adalah jenis quasi eksperimental nonequivalent control group design. Convenience sampling dipakai sebagai metode pengambilan sampel. Responden pada penelitian ini adalah remaja putri SMA Al-Azhar 14 Semarang berjumlah 60orang. Data dilakukan analisa memakai uji unpaired T- test dan uji Wilcoxon.
Hasil: Setelah dilakukan penyuluhan, selisih pengetahuan pretest dan posttest pada kelompok perlakuan meningkat sebesar 7,03. Hasil analisis kelompok perlakuan dengan uji Wilcoxon pada pretest dan posttest sebesar p value 0,01 (p<0,05) menunjukkan perbedaan yang signifikan antara penyuluhan kesehatan dengan peningkatan pengetahuan tentang kanker payudara dan pemeriksaan SADARI di SMA Al-Azhar 14 Semarang. Hasil analisis kelompok kontrol dengan menggunakan uji Wilcoxon pada pretest dan posttest sebesar sebesar p value 0,682 (p>0,05) menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok kontrol. Selisih pretest dan posttest pada kedua kelompok dihitung dengan uji independent t dan diperoleh nilai p value sebesar 0,028(p < 0,05) menujukkan terdapat perbedaan signifikan antarapeningkatan tingkat pengetahuan pada kelompok yang mendapat penyuluhan.
Kesimpulan: Penyuluhan kesehatan berpengaruh meningkatkan pengetahuan kanker payudara serta pemeriksaan SADARI remaja putri SMA Al-Azhar 14 Semarang.
Kata Kunci: Kanker payudara, pemeriksaan SADARI, pengetahuan, penyuluhan kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kanker payudara, pemeriksaan SADARI, pengetahuan, penyuluhan kesehatan.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 25 Jun 2024 05:05
Last Modified: 25 Jun 2024 05:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21371

Actions (login required)

View Item View Item