Search for collections on Undip Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM PARKIR ELEKTRONIK (E-PARKING) DALAM PENGELOLAAN PARKIR DI KOTA SEMARANG (STUDI KASUS DI JALAN DEPOK)

Alzena, Calista Putri Widna (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM PARKIR ELEKTRONIK (E-PARKING) DALAM PENGELOLAAN PARKIR DI KOTA SEMARANG (STUDI KASUS DI JALAN DEPOK). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (811kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (631kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (924kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (342kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)

Abstract

Implementasi program e-parking di Jalan Depok Kota Semarang menghadapi beberapa tantangan. Hal ini bermula pada banyaknya jumlah kendaraan pribadi yang mempengaruhi sektor parkir. Jalan Depok sendiri juga terpengaruh karena jalan tersebut merupakan jalan perdagangan dan dilewati 3 jalan emas. Selain itu, kantong parkir liar yang tidak menyetorkan retribusi secara resmi juga menjadi hambatan dalam optimalisasi pendapatan retribusi parkir. Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi program e-parking di Jalan Depok Kota Semarang dan juga faktor-faktor yang mempengaruhi proses implementasi program. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan validitas data melalui triangulasi sumber. Teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dianalisis melalui organisasi, interpretasi, dan aplikasi berdasarkan teori Jones. Pemenuhan aspek organisasi seperti standar dan prosedur perlu dioptimalkan. Interpretasi program masih terbatas di masyarakat, meskipun sudah ada sosialisasi. Dalam aplikasi, meningkatnya pendapatan retribusi parkir, tapi belum mencapai target PAD. Faktor pendukung termasuk sumber daya anggaran yang memadai, sementara faktor penghambat melibatkan kurangnya sosialisasi dan pemahaman masyarakat, serta kendala di struktur birokrasi. Rekomendasi penelitian ini adalah perluasan dan konsistensi sosialisasi melalui pertemuan tatap muka dan media sosial, pembinaan bagi jukir, pelatihan berkala untuk meningkatkan pemahaman, dan pembaruan peraturan serta SOP. Diperlukan evaluasi berkala untuk meningkatkan efektivitas program.

Kata Kunci: implementasi, program e-parking, retribusi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:10
Last Modified: 31 May 2024 01:02
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21356

Actions (login required)

View Item View Item