Search for collections on Undip Repository

Efektivitas Pemasangan Kinesio Taping Terhadap Akurasi Tendangan Pemain Futsal Rekreasional

Runawang, Khrisna Prasetya Aji and Handoyo, Rudy and Peni Julianti, Hari (2023) Efektivitas Pemasangan Kinesio Taping Terhadap Akurasi Tendangan Pemain Futsal Rekreasional. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK indonesia.pdf

Download (31kB)

Abstract

Latar Belakang: Futsal merupakan pengembangan dari sepakbola yang merupakan olahraga paling populer di dunia. Dalam olahraga futsal, tendangan merupakan tehnik yang paling penting. Tendangan yang kuat tidak selalu sukses karena akurasi memiliki pengaruh pada keberhasilan tendangan untuk mencetak gol. Kemampuan propriosepsi yang baik akan meningkatkan akurasi tendangan. Kinesio taping meningkatkan stimulasi kepada mechanoreceptor, sehingga dapat meningkatkan stimulasi pada propriosepsi.

Tujuan: Untuk mengetahui efektivitas pemberian kinesio taping terhadap akurasi tendangan, segera setelah pemasangan kinesio taping.

Metode: Penelitian ini merupakan randomized control trial. Subjek adalah 44 orang pemain futsal rekreasional. Yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok kontrol (n=22) dan kelompok perlakuan (n=22). Kelompok kontrok melakukan tendangan tanpa kinesio taping, kelompok perlakuan melakukan tendangan dengan terpasang kinesio taping. Akurasi tendangan diukur sebelum dan sesudah intervensi.

Hasil: Rata-rata akurasi tendangan pada kelompok kontrol menunjukan perbaikan sebesar 3,38 ± 54,32. Rata-rata akurasi tendangan pada kelompok perlakuan menunjukan perbaikan sebesar 6,38 ± 29,05. Selisih peningkatan akurasi tendangan tidak bermakna secara statistik dengan p=0,760.

Simpulan : Terdapat peningkatan akurasi tendangan setelah pemasangan kinesio taping, namun tidak signifikan secara statistik.

Kata kunci: Kinesio taping, futsal, akurasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kinesio taping, futsal, akurasi
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 27 Feb 2024 01:59
Last Modified: 27 Feb 2024 01:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21162

Actions (login required)

View Item View Item