Ramadhani, Shinta Putri (2024) PELAKSANAAN DIGITALISASI PELAYANAN PADA WEBSITE “SIPENDUK ONLINE” DI DISDUKCAPIL KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
cover Shinta.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (664kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (341kB) |
|
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Download (114kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (169kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang digitalisasi pelayanan pada website “Sipenduk Online” di Disdukcapil Kabupaten Semarang. Penerapan digitalisasi pelayanan di instansi pelayanan publik sudah menjadi hal yang lumrah. Salah satu bentuk digitalisasi pelayanan yang diciptakan oleh Disdukcapil Kabupaten Semarang adalah Sipenduk Online.
Kebijakan berupa SIAK Terpusat membuat pelayanan online pada “Sipenduk Online” menjadi terbatas. Tidak diperbolehkannya aplikasi yang menempel pada sistem SIAK membuat Disdukcapil mengalihkan platform layanan online ke bentuk website.
Penelitian ini menggunakan Teori E-Government dari Indrajit (2016) dan menggunakan metode penelitian berupa pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi pelayanan pada “Sipenduk Online” di Disdukcapil Kabupaten Semarang belum mencapai keberhasilan. Hal ini dikarenakan masih terdapat berbagai permasalahan yang mendasar terkait pengelolaan "Sipenduk Online". Hal ini ditunjukkan dengan fondasi pembentukan yang tidak kuat, fasilitas yang diberikan untuk menangani berbagai pekerjaan, struktur pengelolaan yang tidak sistematis, SDM yang kurang terpenuhi, tidak adanya alokasi anggaran secara khusus mengenai Sipenduk Online, dan ketidaksesuaian manfaat yang seharusnya diterima oleh masyarakat sebagai pengguna.
Kata Kunci: Pelayanan, Digitalisasi, Sipenduk Online
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 07 Feb 2024 07:35 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 01:50 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21148 |
Actions (login required)
View Item |