Search for collections on Undip Repository

PELAKSANAAN DIGITALISASI PELAYANAN PADA WEBSITE “SIPENDUK ONLINE” DI DISDUKCAPIL KABUPATEN SEMARANG

Ramadhani, Shinta Putri (2024) PELAKSANAAN DIGITALISASI PELAYANAN PADA WEBSITE “SIPENDUK ONLINE” DI DISDUKCAPIL KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
cover Shinta.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (664kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (341kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang digitalisasi pelayanan pada website “Sipenduk Online” di Disdukcapil Kabupaten Semarang. Penerapan digitalisasi pelayanan di instansi pelayanan publik sudah menjadi hal yang lumrah. Salah satu bentuk digitalisasi pelayanan yang diciptakan oleh Disdukcapil Kabupaten Semarang adalah Sipenduk Online.
Kebijakan berupa SIAK Terpusat membuat pelayanan online pada “Sipenduk Online” menjadi terbatas. Tidak diperbolehkannya aplikasi yang menempel pada sistem SIAK membuat Disdukcapil mengalihkan platform layanan online ke bentuk website.
Penelitian ini menggunakan Teori E-Government dari Indrajit (2016) dan menggunakan metode penelitian berupa pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi pelayanan pada “Sipenduk Online” di Disdukcapil Kabupaten Semarang belum mencapai keberhasilan. Hal ini dikarenakan masih terdapat berbagai permasalahan yang mendasar terkait pengelolaan "Sipenduk Online". Hal ini ditunjukkan dengan fondasi pembentukan yang tidak kuat, fasilitas yang diberikan untuk menangani berbagai pekerjaan, struktur pengelolaan yang tidak sistematis, SDM yang kurang terpenuhi, tidak adanya alokasi anggaran secara khusus mengenai Sipenduk Online, dan ketidaksesuaian manfaat yang seharusnya diterima oleh masyarakat sebagai pengguna.

Kata Kunci: Pelayanan, Digitalisasi, Sipenduk Online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:35
Last Modified: 26 Feb 2024 01:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21148

Actions (login required)

View Item View Item