Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, TIPE KEPRIBADIAN, JENIS PEKERJAAN, SERTA BEBAN KERJA DENGAN STRES KERJA PADA KARYAWAN KONSTRUKSI PROYEK PT X DI SEMARANG

MUTIARA, ALFHIRA (2024) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU, TIPE KEPRIBADIAN, JENIS PEKERJAAN, SERTA BEBAN KERJA DENGAN STRES KERJA PADA KARYAWAN KONSTRUKSI PROYEK PT X DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ALFHIRA.pdf - Published Version

Download (434kB)

Abstract

Stres kerja merupakan respon tubuh terhadap keadaan tekanan baik fisik maupun mental. Stres kerja menjadi sebuah fenomena gunung es, dimana terdapat kasus yang tidak dilaporkan. Dalam pekerjaan konstruksi, terdapat beban kerja fisik yang berkaitan dengan kegiatan pekerjaan. Beban kerja mental juga turut dirasakan dalam pekerjaan konstruksi berkaitan dengan tuntutan target dan waktu. Ketidaksesuaian tipe kepribadian individu dengan lingkungan dan pekerjaannya juga dapat menjadi pemicu terjadinya stres kerja. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara karakteristik individu yang mencakup umur dan tingkat pendidikan, tipe kepribadian, jenis pekerjaan, serta beban kerja fisik dan mental dengan stres kerja pada karyawan konstruksi proyek PT X di Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik total sampling yaitu sebanyak 50 karyawan. Instrumen penelitian yang digunakan diantaranya angket berisi karakteristik individu, jenis pekerjaan, Survei Diagnosis Stres, The Bortner Rating Scale, Rating Scale Mental Effort, serta pengukuran dengan SNI 7269:2009. Pengolahan data menggunakan SPSS untuk menunjukkan distribusi frekuensi dan pengujian hubungan dengan uji chi-square dan rank spearman. Hasil analisis menunjukkan p-value untuk masing-masing hubungan variabel bebas dengan stres kerja yaitu umur = 0,990, tingkat pendidikan = 0,001, tipe kepribadian = 0,001, jenis pekerjaan = 0,007, beban kerja fisik = 0,186, dan beban kerja mental = 0,001. Kesimpulannya adalah tingkat pendidikan, tipe kepribadian, jenis pekerjaan, dan beban kerja mental memiliki hubungan dengan stres kerja, sedangkan umur dan beban kerja fisik tidak memiliki hubungan dengan stres kerja pada karyawan proyek PT X di Semarang.
.
Kata kunci : Proyek Konstruksi, Stres Kerja, Tipe Kepribadian, Beban Kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:21
Last Modified: 05 Feb 2024 01:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21056

Actions (login required)

View Item View Item