Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-COMMERCE TOKOPEDIA SALAM SEBAGAI MEDIA PEMBAYARAN ZAKAT (Studi Pada Muzakki Milenial di Kota Jakarta Timur)

AZZAHRA, Sherlie Citra (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-COMMERCE TOKOPEDIA SALAM SEBAGAI MEDIA PEMBAYARAN ZAKAT (Studi Pada Muzakki Milenial di Kota Jakarta Timur). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12020219140141.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12020219140141.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12020219140141.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12020219140141.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12020219140141.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12020219140141.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keberadaan Indonesia sebagai negara berkembang tidak terlepas dari
permasalahan kemiskinan yang menjadikan masalah yang rumit di suatu negara.
Islam memiliki instrumen utama sebagai distributor aliran kekayaan dan salah
satunya mampu menanggulangi kemiskinan. Namun penghimpunan zakat di
Indonesia hingga saat ini belum dinyatakan optimal dengan angka pengumpulan
6% dari potensi yang ada pada tahun 2022. Melihat gaya hidup masyarakat
Indonesia yang telah melibatkan teknologi dalam aktivitas sehari – hari, Badan
Amil Zakat Nasional memberikan inovasi baru untuk melakukan penghimpunan
zakat berbasis digital melalui e-commerce dan salah satunya e-commerce
Tokopedia Salam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi keputusan penggunaan e-commerce Tokopedia Salam sebagai
media pembayaran zakat.
Adapun pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan
teori preferensi dan Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling bagi
muzakki milenial di Kota Jakarta Timur yang pernah menggunakan Tokopedia
Salam. Penelitian ini menggunakan analisis structural equation model (SEM)
dengan menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
yaitu persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, religiusitas, sikap penggunaan
berpengaruh terhadap minat penggunaan e-commerce Tokopedia Salam, sedangkan
persepsi kegunaan tidak memiliki pengaruh terhadap minat penggunaan ecommerce Tokopedia Salam. Kemudian, minat penggunaan e-commerce
Tokopedia Salam berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan ecommerce Tokopedia Salam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: TAM, Zakat Digital, Minat Penggunaan, Keputusan Penggunaan, SEM
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:34
Last Modified: 01 Feb 2024 04:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/21022

Actions (login required)

View Item View Item