Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI NILAI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pelanggan Maskapai Penerbangan Lion Air)

HAQQU, Hafiidha (2023) ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN PERSEPSI NILAI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pelanggan Maskapai Penerbangan Lion Air). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
1._S___Cover___12010119130095.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119130095.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010119130095.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010119130095.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010119130095.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119130095.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Setelah melalui masa krisis yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, para pelaku pasar
di industri penerbangan harus memulihkan kerugian besar-besaran yang telah dialami. Tidak
terkecuali Lion Air, maskapai penerbangan LCC lokal yang telah beroperasi di Indonesia sejak
tahun 2000. Namun, Lion Air terus mengalami penurunan loyalitas pelanggannya, ditandai
dengan penurunan brand index sejak tahun 2021, digeser oleh LCC pendatang baru Citilink,
serta pemberian nilai dan komentar buruk dari pelanggan di berbagai platform.
Penelitian ini menganalisis pengaruh kualitas layanan dan persepsi nilai terhadap loyalitas
pelanggan dengan menggunakan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada
pelanggan maskapai penerbangan Lion Air. Sebanyak 140 responden yang pernah melakukan
penerbangan menggunakan Lion Air sebanyak minimal 2 kali dalam kurun waktu 2019−2023
diminta menjawab kuesioner dalam pilihan Skala Likert 1−5. Jawaban kuesioner kemudian
menjadi data penelitian yang dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Method (SEM)
menggunakan program AMOS 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan persepsi nilai tidak
memengaruhi loyalitas pelanggan secara langsung. Namun, sebagai variabel intervening,
kepuasan pelanggan dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh kualitas layanan dan persepsi
nilai sebesar 0,403 dan 0,557, dan juga memengaruhi loyalitas pelanggan sebesar 0,989. Ini
menyebabkan adanya efek tidak langsung dari kualitas layanan dan persepsi nilai sebesar 0,398
dan 0,551 terhadap loyalitas pelanggan. Maka, penelitian ini merekomendasikan Lion Air untuk
berfokus menciptakan kepuasan pelanggan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Persepsi Nilai, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Maskapai Penerbangan
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:23
Last Modified: 30 Jan 2024 04:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20953

Actions (login required)

View Item View Item