Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PENGATURAN DEBIT TERHADAP DAYA LISTRIK POMPA AIR SENTRIFUGAL TIPE IDB-35 MENGGUNAKAN POWER QUALITY ANALYZER

Herlambang, Dewa (2021) PENGARUH PENGATURAN DEBIT TERHADAP DAYA LISTRIK POMPA AIR SENTRIFUGAL TIPE IDB-35 MENGGUNAKAN POWER QUALITY ANALYZER. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_MESIN_Dewa Herlambang.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menganalisa karakteristik penggunaan daya listrik pompa sentrifugal dengan menggunakan Power Quality Analyzer pada rangkaian pompa dengan menggunakan metoda variasi debit dan tekanan yang divariasikan dengan bukaan katup kran aliran sehingga dapat mengetahui beban pompa. Power Quality Analyzer adalah sebuah alat analisa daya yang dapat dilakukan untuk memantau total harmonik daya, arus serta tegangan. Power Meter Logic ini dilengkapi dengan data logger yang digunakan sebagai sarana penyimpanan data pengukuran dan analisa penggunaan daya. Untuk dapat menampilkan data yang ada pada data logger tersebut dalam layar monitor komputer digunakan software Powerview.
Pengukuran dilakukan pada motor induksi 1 phase pada test bed pompa. Durasi pengukuran adalah 5 menit dengan interval waktu pengambilan data setiap 1 menit. Dengan melakukan variasi debit aliran sebanyak 5 kali dengan cara memvariasikan bukaan katup input dan output untuk memperoleh data yang bervariasi yaitu dengan laju aliran fluida : 34 l/min, 27 l/min, 20 l/min, 14 l/min, 8 l/min. Berdasarkan hasil pengukuran, perbedaan pengaturan debit yang sama melalui outlet pompa untuk mengalirkan 8 l/min fluida membutuhkan daya 0,443 kW, untuk mengalirkan 27 l/min membutuhkan daya 0,263 kW dan melalui inlet pompa untuk mengalirkan 8 l/min membutuhkan daya 0,225 kW , untuk mengalirkan 27 l/min membutuhkan daya 0,239 kW. Sehingga pengaturan debit melalui inlet pompa lebih menguntungkan dibandingkan pengaturan debit melalui outlet pompa karena pada outlet pompa semakin besar tekanan maka daya digunakan pompa semakin besar pula.
Kata kunci : power quality analyzer, pompa , debit, tekanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: power quality analyzer, pompa , debit, tekanan
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 25 Jan 2024 06:26
Last Modified: 25 Jan 2024 06:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20789

Actions (login required)

View Item View Item