Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PENGATURAN KAPASITAS MELALUI PERUBAHAN FREKUENSI MOTOR TERHADAP KONSUMSI DAYA LISTRIK PADA POMPA AIR SENTRIFUGAL RANGKAIAN SERI

Pangestu, Taufik Aji (2021) PENGARUH PENGATURAN KAPASITAS MELALUI PERUBAHAN FREKUENSI MOTOR TERHADAP KONSUMSI DAYA LISTRIK PADA POMPA AIR SENTRIFUGAL RANGKAIAN SERI. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_MESIN_Taufik Aji P.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pompa banyak digunakan di dalam berbagai pengaplikasian baik dalam dunia industri maupun pribadi. Pada pemakaian tertentu pompa memerlukan pengaturan kapasitas yang bervariasi, salah satu cara pengaturan kapasitas pompa adalah dengan mengubah frekuensi menggunakan inverter. Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan frekuensi motor terhadap konsumsi daya listrik menggunakan inverter. Untuk menganalisa daya spesifik yang dikonsumsi oleh pompa yang dirangkai secara seri, pada tugas akhir ini digunakan power quality analyzer sebagai data logger. Pengujian ini dilakukan perubahan frekuensi 50, 40, 30 , 20, 10 Hz pada inverter. Hasil pengujian menunjukkan perubahan frekuensi motor menyebabkan perubahan kecepatan putaran, arus dan daya. Dimana pada setiap penurunan frekuensi menyebabkan penurunan head, daya hidrolis, daya motor dan efisiensi pompa pada setiap penurunan frekuensi sehingga motor menjadi cepat panas. Perubahan frekuensi dapat mengurangi konsumsi daya listrik, besarnya pengurangan konsumsi daya listrik akan berbeda-beda pada setiap penurunan frekuensi.
Kata kunci : motor, pompa, power quality analyzer, frekuensi, daya

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: motor, pompa, power quality analyzer, frekuensi, daya
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:33
Last Modified: 25 Jan 2024 05:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20783

Actions (login required)

View Item View Item