Search for collections on Undip Repository

PENGUKURAN KONSUMSI ENERGI LISTRIK PADA MESIN CNC MILLING HARTFORD SMC-5 PADA BEBERAPA TINGKAT KECEPATAN POTONG

Pangestu, Muhammad Aji (2021) PENGUKURAN KONSUMSI ENERGI LISTRIK PADA MESIN CNC MILLING HARTFORD SMC-5 PADA BEBERAPA TINGKAT KECEPATAN POTONG. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_MUHAMMAD AJI PANGESTU_TEKNIK MESIN.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Mesin CNC merupakan mesin yang dilengkapi dengan sistem mekanik dan kontrol berbasis computer. Sebagai teknologi manufactur yang memiliki kualitas produksi yang tinggi, mesin CNC memerlukan kualitas listrik yang baik demi menjaga konsistensinya dalam proses produksi dan keawetan komponen mesin, untuk itu diperlukan pengukuran kualitas Energi listrik menggunakan Power meter 5330 Schneider pada saat mesin CNC bekerja.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi besaran listrik yang meliputi tegangan, arus, faktor daya, daya listrik dan energi listrik yang digunakan. Metode yang digunkan dalam pengujian ini adalah metode eksperimen, dimana mesin CNC membuat benda kerja yang berbahan dasar Aluminium 5052 dan di desain dengan Mastercam X7, kemudian dilakukan pembacaan disetiap variasi kecepatan potongnya dengan alat ukur Power Meter 5350 Schneider. Hasil pengukuran yang diperoleh akan digunakan untuk menganalisa kualitas daya pada saat eksperimen dan mengetahui pengaruh kecepatan potong terhadap variabel energi listrik
Kata kunci : mesin CNC, Power Meter 5350 Schneider, Analisa

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: mesin CNC, Power Meter 5350 Schneider, Analisa
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Mechanical Engineering
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:26
Last Modified: 25 Jan 2024 05:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20781

Actions (login required)

View Item View Item