Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN USIA, MASA KERJA, DAN DURASI KERJA TERHADAP KELELAHAN KERJA SUBJEKTIF PADA TUKANG JAHIT PANGKALAN KELURAHAN X SEMARANG

FADILLA, ALIFIA NUR (2024) HUBUNGAN USIA, MASA KERJA, DAN DURASI KERJA TERHADAP KELELAHAN KERJA SUBJEKTIF PADA TUKANG JAHIT PANGKALAN KELURAHAN X SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ALIFIA NUR.pdf - Published Version

Download (424kB)

Abstract

Semua pekerjaan pada dasarnya dapat menimbulkan kelelahan. Salah satu pekerjaan yang dapat beresiko menimbulkan kelelahan kerja subjektif adalah pekerjaan menjahit. Menjahit adalah pekerjaan yang melibatkan penggunaan mesin jahit atau jarum tangan untuk menjahit kain dan bahan lain untuk disambung. Objek penelitian merupakan Pangkalan Tukang Jahit Kelurahan X Semarang. Tujuan dari penelitian ini guna melakukan analisis hubungan usia, masa kerja, dan durasi kerja terhadap kelelahan subjektif pada tukang jahit pangkalan Kelurahan X Semarang. Penelitian kuantitatif ini berjenisexplanatory research dengan pendekatan cross sectional. Lima puluh tukang jahit menjadi sampel dalam penelitian ini. Data diambil dari pengisian angket responden terkait kelelahan kerja subjektif, usia, masa dan durasi kerja. Dari uji Chi-Square yang dilakukan dalam penelitian, diketahui bahwa semua variabel bebas yang diujikan terdapat hubungan dengan variabel terikatnya. Peneliti memberikan saran bagi pangkalan tukang jahit Kelurahan X Semarang untuk selalu menyempatkan waktunya guna beristirahat sejenak dan sering meminum air putih agar terhindar dari dehidrasi yang menyebakan kelelahan ketika mereka bekerja.
Kata Kunci : penjahit, kelelahan, usia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 24 Jan 2024 05:39
Last Modified: 24 Jan 2024 05:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20670

Actions (login required)

View Item View Item