Search for collections on Undip Repository

Tinjauan Yuridis Penerapan Asas Kebebasan Berkontrak Dalam Perjanjian Franchise Calmer Thai Drinks_ 125 PDT 2023

Prastyo, Aditya Hary and Priyono, Ery Agus and Aminah, Aminah (2023) Tinjauan Yuridis Penerapan Asas Kebebasan Berkontrak Dalam Perjanjian Franchise Calmer Thai Drinks_ 125 PDT 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Dipnegoro.

[img] Text
Aditya Hary Prastyo_cover.pdf

Download (634kB)
[img] Text
Aditya Hary Prastyo_abstrak.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Aditya Hary Prastyo_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
Aditya Hary Prastyo_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
Aditya Hary Prastyo_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
Aditya Hary Prastyo_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
Aditya Hary Prastyo_daftar pustaka.pdf

Download (212kB)

Abstract

Hubungan bisnis dalam perjanjian franchise Calmer Thai Drinks pada sebuah perjanjian franchise yang pada umumnya telah disusun dalam suatu bentuk perjanjian baku. Perjanjian baku ini lahir dari asas kebebasan berkontrak, namun dalam perkembangannya nilai-nilai asas kebebasan berkontrak kurang dipahami secara utuh sehingga banyak memunculkan pola hubungan kontraktual yang tidak seimbang dan berat sebelah yang berujung membawa kesenjangan dan/atau ketidakseimbangan mengenai hak atau kewajiban antara pihak satu dengan pihak yang lainnya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana asas kebebasan berkontrak di implementasikan di dalam perjanjian franchise Calmer Thai Drinks dan untuk mengetahui keseimbangan hak dan kewajiban antara franchisor dan
franchisee sebagai akibat adanya implementasi asas kebebasan berkontrak di dalam perjanjian. Metode penelitian yang digunakan yakni yuridis normatif berupa pendekatan dengan mempelajari buku-buku, Peraturan Perundang - undangan dan
dokumen lainnya. Penelitian hukum ini dilakukan dengan mengkaji dokumendokumen perjanjian terkhususnya perjanjian franchise Calmer Thai Drinks, adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan jenis data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi asas kebebasan berkontrak dalam perjanjian franchise Calmer Thai Drinks belum diimplementasikan secara sempurna bahkan kehendak bebas tidak dapat terwujud secara mutlak, selain itu diberikannya kebebasan kepada pihak yang memiliki bargaining position yang lebih tinggi untuk menentukan isi dan klausula perjanjian membawa ketidakseimbangan di dalam perjanjiannya, hal ini dapat dilihat dari adanya ketimpangan di dalam pengaturan hak dan kewajiban serta klausula-klausula yang mengatur antara franchisor dan franchisee.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Franchise, Asas Kebebasan Berkontrak, Keseimbangan Perjanjian
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH2
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:24
Last Modified: 23 Jan 2024 08:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20613

Actions (login required)

View Item View Item