Search for collections on Undip Repository

Analisis Yuridis E-Service Quality pada Situs Sociolla dalam Pelaksanaan Perlindungan Konsumen Sociolla_ 261 DG 2023

Nugrahaningsih, Novita Margahayu and Mahmudah, Siti and Prananingtyas, Paramita (2023) Analisis Yuridis E-Service Quality pada Situs Sociolla dalam Pelaksanaan Perlindungan Konsumen Sociolla_ 261 DG 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Dipnegoro.

[img] Text
NOVITA MARGAHAYU_cover.pdf

Download (938kB)
[img] Text
NOVITA MARGAHAYU_abstrak.pdf

Download (122kB)
[img] Text
NOVITA MARGAHAYU_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] Text
NOVITA MARGAHAYU_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
NOVITA MARGAHAYU_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
NOVITA MARGAHAYU_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
NOVITA MARGAHAYU_daftar pustaka.pdf

Download (9kB)

Abstract

Sociolla adalah e-commerce beauty tech yang berasal dari Indonesia dan menjual beragam produk seperti skincare serta make up. Kemudahan yang diberikan oleh aplikasi Sociolla kepada penggunannya adalah melengkapi kebutuhan perawatan tubuh dengan harga dan kualitas produk yang baik. Pelayanan perusahaan berusaha ditingkatkan selaras dengan peningkatan kepuasan pelanggannya sehingga menumbuhkan loyalitas. Dalam bertransaksi, konsumen dan produsen harus mendapatkan perlindungan hukum yang menjamin hak-hak serta kewajiban mereka. Hal ini berlaku dalam segala transaksi jual beli baik konvensional maupun transaksi online. meski transaksi dilakukan tanpa bertatap muka namun konsumen berhak mendapatkan apa yang menjadi kesepakatan kedua pihak sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pelaksanaan e-service pada situs sociolla serta mengetahui bentuk perlindungan konsumen dengan pemanfaatan e-service oleh sociolla. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode pendekatan normatif dan berfokus pada pendekatan kasus dengan cara menelaah kasus-kasus yang terjadi di masyarakat yang berkaitan dengan isu yang dihadapi. Hasil yang diperoleh dari penelitiaan ini ialah pelaksaan e-service yang mencakup aspek kemudahan penggunaan fitur yang berupa kemudahan mengakses aplikasi, melakukan pencarian produk, menyimpan produk yang diinginkan, membandingkan satu produk dengan produk lainnya, informasi produk, informasi pemesanan, dan perlindungan informasi pribadi sedangkan pada tahap pasca pembelian, Sociolla menawarkan e-service quality pada aspek pengiriman melalui ekspedisi tertentu, dukungan pelanggan berupa fitur unggulan yang dinamakan Beauty Journal dan SOCO by Sociolla, adapula kebijakan pengembalian untuk menampung segala bentuk complain dari konsumen. seperti ada cacat pada produk, salah pengemasan, produk yang kurang berkualitas, dan lain sebagainya, serta permasalahan yang dialami konsumen serta penyelesaiannya. Selain itu Bentuk Perlindungan konsumen dengan pemanfaatan EService oleh Sociolla yaitu berupa pengembalian atau penukaran barang jika barang yang diterima pembeli tidak sesuai dengan barang yang dipesan, Jaminan perlindungan hukum terhadap data pribadi pengguna media elektronik. Pemberian informasi mengenai data pribadi harus disertai dengan persetujuan dari pemiliknya dan perlindungan hukum berupa kualitas produk yang original dan bersertifikat BPOM. Hal ini didasari pada hasil penelitiaan yang meggunakan metode wawancara dengan beberapa pengguna aktif Sociolla.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen; E-Service; Jual-Beli; Sociolla.
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH2
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:53
Last Modified: 23 Jan 2024 07:53
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20605

Actions (login required)

View Item View Item