Search for collections on Undip Repository

Perlindungan Konsumen Expedisi J&T Express Cabang Kalimanah Terhadap Pengiriman Produk Online Melalui Aplikasi Tiktok Shop_240 DAGANG 2023

Amar, Rizka Oktafiana and Saptono, Hendro and Rahmanda, Bagus (2023) Perlindungan Konsumen Expedisi J&T Express Cabang Kalimanah Terhadap Pengiriman Produk Online Melalui Aplikasi Tiktok Shop_240 DAGANG 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[thumbnail of RIZKA OKTAFIANA AMAR_cover.pdf] Text
RIZKA OKTAFIANA AMAR_cover.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of RIZKA OKTAFIANA AMAR_abstrak.pdf] Text
RIZKA OKTAFIANA AMAR_abstrak.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of RIZKA OKTAFIANA AMAR_bab 1.pdf] Text
RIZKA OKTAFIANA AMAR_bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[thumbnail of RIZKA OKTAFIANA AMAR_bab 2.pdf] Text
RIZKA OKTAFIANA AMAR_bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[thumbnail of RIZKA OKTAFIANA AMAR_bab 3.pdf] Text
RIZKA OKTAFIANA AMAR_bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[thumbnail of RIZKA OKTAFIANA AMAR_bab 4.pdf] Text
RIZKA OKTAFIANA AMAR_bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[thumbnail of RIZKA OKTAFIANA AMAR_dapus.pdf] Text
RIZKA OKTAFIANA AMAR_dapus.pdf

Download (339kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang cepat dalam era globalisasi telah memberikan dorongan besar untuk munculnya berbagai jenis bisnis online seperti misalnya TikTok Shop. Seringkali dalam pelaksanaannya terjadi kendala disebabkan oleh kelalaian pihak
expedisi maka diperlukan adanya Perlindungan konsumen.
Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab pihak J&T Express Cabang Kalimanah apabila terjadi kesalahan dalam mencantumkan data resi pengiriman pembeli terhadap produk milik seller TikTok Shop serta prosedur yang dilakukan dalam menangani banyaknya produk milik seller pada TikTok Shop yang ditolak oleh pembeli.
Dalam penulisan hukum ini, metode penelitian yang digunakan yuridis empiris. Spesifikasi yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif analisis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Untuk analisis data, digunakan metode analisis kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah tanggung jawab Pihak J&T Express Cabang Kalimanah apabila terjadi kesalahan terjadi dalam mencantumkan data resi pengiriman oleh J&T Express Cabang Kalimanah, yang mengakibatkan paket tidak sampai ke pembeli maka Pihak J&T Express dapat membantu menelusuri paket dan mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki kesalahan mereka dengan mengganti nomor resi yang salah ditempelkan atau memberikan informasi terbaru tentang pengiriman produk Pembeli. Jika seorang pembeli menolak paket COD, langkah-langkah yang dapat diambil bergantung pada kebijakan pengiriman dan perjanjian antara penjual dan pembeli.
Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, J&T Express, TikTok Shop

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, J&T Express, TikTok Shop
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: fahimah FH
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:30
Last Modified: 12 Mar 2025 02:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20578

Actions (login required)

View Item View Item