Search for collections on Undip Repository

IMPLIKASI UNDANG UNDANG PESANTREN UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERKARAKTER PADA PESANTREN (BERAFILIASI DENGAN NU) DI JAWA TENGAH. _92 Hukum Tata Negara 2023

Arkan, Hilmy and Herawati, Ratna and Diamantina, Amalia (2023) IMPLIKASI UNDANG UNDANG PESANTREN UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERKARAKTER PADA PESANTREN (BERAFILIASI DENGAN NU) DI JAWA TENGAH. _92 Hukum Tata Negara 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

[img] Text
Hilmy Arkan_11000119140572_ abstrak.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Hilmy Arkan_11000119140572_ bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
Hilmy Arkan_11000119140572_ bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
Hilmy Arkan_11000119140572_ bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
Hilmy Arkan_11000119140572_ bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
Hilmy Arkan_11000119140572_ cover.pdf

Download (627kB)
[img] Text
Hilmy Arkan_11000119140572_ dapus.pdf

Download (124kB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di
Indonesia. Pondok pesantren telah berperan dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat Indonesia, baik di tingkat pedesaan maupun di tingkat perkotaan. Pondok pesantren telah muncul dan berkembang dengan pesatnya dengan tujuan untuk menjadikan para santri yang beriman dan berilmu serta bermanfaat pada saat berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungannya.
Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren menjadi sejarah baru bentuk rekognisi (pengakuan) negara terhadap pesantren yang eksistensinya sudah ada berabad-abad silam, jauh sebelum Indonesia merdeka. Tidak hanya rekognisi, Undang-undang tersebut juga bagian dari afirmasi dan fasilitasi kepada dunia pondok pesantren. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analisis. Pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum
sekunder, dan bahan hukum tersier. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.
Bahwa dari hasil penelitian bahwa Undang Undang Pesantren dari Politik Hukum Undang Undang Pesantren memiliki sejarah dan dinamika panjang dalam pengesahannya sebagai Undang Undang. UU Pesantren ini menjadi kabar gembira bagi Pondok Pesantren dimana merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua di
Indonesia. Pesantren mendapat rekognisi, fasilitasi dan afrimasi dari pemerintah demi melangsungkan pendidikan yang ada di dalam pondok pesantren itu sendiri. Implikasi atau pengaruh UU Pesantren terhadap Pondok Pesantren sangatlah signifikan dari rekognisi, fasilitasi maupun afirmasi, dimana pengakuan negara sangat berarti bagi pondok pesantren. Dinamika dalam pesantren selalu berubah
rubah, akan tetapi ketiga hal ini menjadi pokok paling utama bagi pondok pesantren untuk mengembangkan dan bersaing dengan pendidikan di luar pondok pesantren.

Kata Kunci : Pesantren, Undang Undang Pesantren, Pendidikan Berkarakter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pesantren, Undang Undang Pesantren, Pendidikan Berkarakter
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:42
Last Modified: 17 Jan 2024 06:42
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20352

Actions (login required)

View Item View Item