Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Efikasi Diri Akademik dengan Student Engagement Mahasiswa yang Mengikuti Kegiatan Olahraga di Universitas Diponegoro

Yasmin, Faradiani and Mujiasih, Endah (2024) Hubungan antara Efikasi Diri Akademik dengan Student Engagement Mahasiswa yang Mengikuti Kegiatan Olahraga di Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Undip.

[img] Text
Abstrak_Faradiani Yasmin_15000119140188.pdf

Download (161kB)

Abstract

Kesibukan mahasiswa di luar kegiatan akademik seringkali menyebabkan individu kesulitan untuk tetap menyelesaikan tugas akademik dan mengoptimalkan keterlibatannya dalam kegiatan perkuliahan. Student engagement adalah keterlibatan seorang individu dalam kegiatan pembelajaran yang ditandai dengan perilaku, energi, dan emosi yang positif terhadap kegiatan pembelajaran yang mendorong individu untuk mencapai performa akademik yang optimal. Efikasi diri akademik adalah keyakinan individu terhadap kemampuannya sendiri untuk menyelesaikan tuntutan akademik dan meraih tujuan akademik yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan efikasi diri akademik dengan student engagement pada mahasiswa yang aktif mengikuti kegiatan olahraga di Universitas Diponegoro. Penelitian ini menggunakan subjek yaitu mahasiswa aktif Universitas Diponegoro semester 1-5 dan aktif mengikuti kegiatan latihan rutin olahraga sejumlah 169 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Data penelitian diambil menggunakan Skala Efikasi Diri Akademik (25 aitem, α = 0.908) dan Skala Student Engagement (21 aitem, α = 0.868). Data penelitian dianalisis dengan teknik non-parametrik Spearman’s rho. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri akademik dengan student engagement (rs = 0.507, p < 0.001), sehingga semakin tinggi efikasi diri akademik, maka semakin tinggi student engagement. Sebaliknya, semakin rendah efikasi diri akademik, maka semakin rendah student engagement.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:35
Last Modified: 02 Feb 2024 06:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20349

Actions (login required)

View Item View Item