Search for collections on Undip Repository

KORELASI KADAR ALDOSTERON SERUM DENGAN DENSITAS MASSA TULANG : Studi pada wanita usia reproduksi dengan obesitas menggunakan pemeriksaan Dual-energy X-ray absorptiometry (DXA)

Prasetyo, Usman Agus and Hendaraningrum, Farah and Sukmaningtyas, Hermina and Sudijanto, Eddy and Satoto, Bambang and Santoso, Antonius Gunawan and Hendrianingtyas, Meita (2023) KORELASI KADAR ALDOSTERON SERUM DENGAN DENSITAS MASSA TULANG : Studi pada wanita usia reproduksi dengan obesitas menggunakan pemeriksaan Dual-energy X-ray absorptiometry (DXA). Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-TESIS)
USMAN AGUS PRASETYO-22040919310006-TESIS-ABSTRAK.pdf

Download (300kB)

Abstract

Latar Belakang : Kelebihan berat badan pada wanita usia reproduksi tidak hanya mempengaruhi sistem cardiovaskuler tetapi juga kesehatan kerangka untuk terjadinya osteoporosis yang lebih tinggi. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepadatan massa tulang pada obesitas adalah karena jaringan adipose menghasilkan faktor yang dapat merangsang sekresi aldosterone dari kelenjar andrenal secara independen diduga berkontribusi mempercepat kerusakan tulang melalui penghambatan pertumbuhan sel tulang, inflamasi dan fibrosis pada tulang.
Tujuan : Menganalisis korelasi kadar aldosterone serum dengan densitas massa tulang wanita usia reproduksi dengan obesitas
Metode :Penelitian ini merupakan analitik observational dengan desain crossectional, dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2022. Pemeriksaan Laboratorium dilakukan di Rumah Sakit Nasional Diponegoro Semarang dan Laboratorium GAKY FK Undip. Pemeriksaan densitas massa tulang dilakukan di Semarang Medical Center Rumah Sakit Tlogorejo Semarang. Sampel penelitian ini sebanyak 50 orang wanita yang berumur 25- 49 tahun dengan IMT ≥ 25 kg/m2. Kadar serum Aldosteron diuji dengan menggunakan metode Enzyme-Linked Immunosorbent Assay (ELISA) dan pemeriksaan densitas massa tulang dilakukan dengan menggunakan GE Lunar Prodigy Advance Bone Densitometer.
Hasil : Hasil uji beda Mann Whitney menunjukkan hasil tidak ada perbedaan yang signifikan antara kadar aldosteron serum dan densitas massa tulang antara responden dengan derajat obesitas I dan obesitas II (p>0.05). Hasil Uji Spearman menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan (p=0.977 ; r = 0.004) antara indeks massa tubuh dengan kadar aldosteron. Hubungan antara indeks massa tubuh dengan BMD dan aldosteron dengan BMD menunjukkan arah negatif namun secara statistik hasilnya tidak signifikan (p=0.268 ; r = - 0.160) sedangkan Aldosteron dengan BMD (p=0.318 ; r = - 0.144)
Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara kadar aldosteron serum dengan densitas massa tulang pada wanita usia reproduksi dengan obesitas

Kata kunci : Indeks Massa Tubuh, Kadar Aldosteron, Densitas Massa Tulang, Dual-Energy X-Ray Absorptiometry

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Indeks Massa Tubuh, Kadar Aldosteron, Densitas Massa Tulang, Dual-Energy X-Ray Absorptiometry
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 15 Jan 2024 01:52
Last Modified: 15 Jan 2024 01:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20316

Actions (login required)

View Item View Item