Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FINANSIAL USAHA DOCKING KAPAL DI PT TEGAL SHIPYARD UTAMA, KOTA TEGAL (23dpt300)

NURBANUN, ANA NUGRAHANTI (2023) ANALISIS FINANSIAL USAHA DOCKING KAPAL DI PT TEGAL SHIPYARD UTAMA, KOTA TEGAL (23dpt300). Undergraduate thesis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

[img] Text
ANA NUGRAHANTI NURBANUN 23dpt300 (2).pdf

Download (529kB)

Abstract

ABSTRAK
(Ana Nugrahanti Nurbanun. 26030119120016. Analisis Finansial Usaha Docking Kapal di PT Tegal Shipyard Utama, Kota Tegal. Indradi Setiyanto dan Bambang Argo Wibowo).
PT Tegal Shipyard Utama, Kota Tegal merupakan salah satu perusahan perbaikan kapal di Kota Tegal. Dock ini menerima perbaikan kapal dari jenis kapal kayu, fiberglass, dan tugbout. Docking kapal di PT Tegal Shipyard Utama, Kota Tegal menjadi salah satu kegiatan ekonomi karena dapat menghasilkan pendapatan dan keuntungan. Mengenai hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh suatu kelayakan usaha pada docking kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan usaha docking kapal dilihat dari aspek teknis, aspek sumber daya manusia, aspek hukum, aspek pemasaran dan aspek finansial. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif bersifat studi kasus. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kelayakan usaha. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah usaha perbaikan kapal PT Tegal Shipyard Utama, Kota Tegal dapat dikatakan layak karena dilihat dari aspek teknis memiliki lahan usaha yang luas dan sarana dan prasarana yang menunjang proses perbaikan kapal; aspek sumberdaya manusia memiliki tenaga kerja yang ahli di setiap bidangnya dan susunan organisasi yang terstruktur dan jelas; aspek hukum memiliki kelengkapan legalitas dalam usaha, dilihat dari aspek pemasaran melakukan upaya usahanya untuk dapat berkembang dengan cara memerhatikan target pasar yang akan dituju serta melakukan pemasaran melalui media website, mengikuti tender lelang pembangunan dan perbaikan kapal yang di adakan oleh pemerintah. Usaha perbaikan kapal PT Tegal Shipyard Utama, Kota Tegal juga memiliki aspek ekonomi yang layak dan menguntungkan dilihat dari nilai NPV yang dihasilkan sebesar Rp303.890.219, nilai IRR 21%, nilai B/C Ratio 1,10. Pengembalian modal dikatakan sedang dengan nilai payback period sebesar 3,83 atau selama 3 tahun, 10 bulan
Kata Kunci: Usaha Perbaikan Kapal, Kelayakan Usaha, NPV, IRR, B/C Ratio, Payback Periode

ABSTRACT
(Ana Nugrahanti Nurbanun. 26030119120016. Financial Analysis of Ship Docking Business at PT Tegal Shipyard Utama, Tegal City. Indradi Setiyanto and Bambang Argo Wibowo).
PT Tegal Shipyard Utama, Tegal City is one of the ship repair companies in Tegal City. This dock accepts ship repairs from wooden, fiberglass, and tugbout ship types. Ship docking at PT Tegal Shipyard Utama, Tegal City is one of the economic activities because it can generate income and profits. Regarding this, of course, it is influenced by a feasibility of business on docking ships. The purpose of this study is to analyze the feasibility of ship docking business in terms of technical aspects, human resource aspects, legal aspects, marketing aspects and financial aspects. The research method using the descriptive method is a case study. The data analysis method used is business feasibility analysis. The results of the research that has been carried out are the repair of PT Tegal Shipyard Utama ships, Tegal City can be said to be feasible because viewed from the technical aspect it has a large business land and facilities and infrastructure that support the ship repair process; human resource aspects have an expert workforce in each field and a structured and clear organizational structure; legal aspects have complete legality in business, Viewed from the marketing aspect, making efforts to develop by paying attention to the target market to be targeted and marketing through website media, participating in tenders, auctions, construction and ship repairs held by the government. PT Tegal Shipyard Utama's ship repair business, Tegal City also has a feasible and profitable economic aspect as seen from the NPV value generated at Rp303,890,219, IRR value of 21%, B/C Ratio value of 1.10. Return on capital is said to be moderate with a payback period value of 3.83 or for 3 years, 10 months
Keywords: Ship Repair Business, Business Feasibility, NPV, IRR, B/C Ratio, PP

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Usaha Perbaikan Kapal, Kelayakan Usaha, NPV, IRR, B/C Ratio, Payback Periode Ship Repair Business, Business Feasibility, PP
Subjects: Fisheries And Marine Sciences
Divisions: Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Capture Fisheries
Depositing User: pancasila wati
Date Deposited: 12 Jan 2024 06:44
Last Modified: 12 Jan 2024 06:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20276

Actions (login required)

View Item View Item