Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PERKEMBANGAN BISNIS MERCHANDISE DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI INSTAGRAM, TIKTOK, DAN TWITTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Kasus Bisnis Online Funcher Things)

RIZQIANSYAH, Wildan Luthfie (2023) ANALISIS PERKEMBANGAN BISNIS MERCHANDISE DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI INSTAGRAM, TIKTOK, DAN TWITTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI (Studi Kasus Bisnis Online Funcher Things). Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12010119130249.pdf - Published Version

Download (437kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12010119130249.pdf - Published Version

Download (376kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12010119130249.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12010119130249.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12010119130249.pdf - Published Version

Download (542kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119130249.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak media sosial Instagram,
TikTok, dan Twitter terhadap bisnis merchandise sebagai media promosi. Funcher
Things baru dibuat 29 Desember 2022 maka dari itu masih banyak masalah yang
dialami seperti masalah brand awareness dan pendapatan. Social media marketing
digunakan Funcher Things kepada masing-masing media sosial untuk mengetahui
dampak terutama pada masalah-masalah tersebut dan juga kinerja bisnis secara
menyeluruh.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dan jenis
pendekatan Case Study (studi kasus). Tipe studi kasus yang digunakan adalah Case
Study Research, karena penelitian dilakukan pada obyek tertentu dalam konteks
kehidupan nyata (real life) pada bisnis Funcher Things. Penelitian ini juga
menggunakan triangulasi data untuk memvalidasi data-data yang digunakan agar
lebih terpercaya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan promosi menggunakan
Instagram, TikTok, dan Twitter memberikan dampak yang positif terhadap Funcher
Things. Brand awareness Funcher Things terindikasikan meningkat dengan
menggunakan Instagram, TikTok, dan Twitter sebagai media promosi. Tetapi,
media sosial terbaik untuk meningkatkan brand awareness adalah Twitter.
Ditemukan juga bahwa konten melalui Instagram, TikTok, dan Twitter memiliki
dampak yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen atau
consumer purchasing decision yang diperlihatkan melalui conversion rate yang
mempunyai angka yang positif, kemudian yang terakhir strategi pemasaran melalui
Instagram, TikTok, dan Twitter memberikan dampak yang positif dan signifikan
terhadap kinerja bisnis yang diperlihatkan dengan penjualan produk Funcher
Things. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam pengembangan strategi
pemasaran perusahaan Funcher Things dan dapat menjadi sebuah literatur yang
berharga untuk kepentingan akademisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Brand awareness, Keputusan Pembelian Konsumen, Instagram, TikTok, Twitter
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Management
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:45
Last Modified: 12 Jan 2024 03:45
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20248

Actions (login required)

View Item View Item