Search for collections on Undip Repository

Strategi Komunikasi CV Ardata Media Dalam Pembuatan Konten Instagram I Q Baby Untuk Meningkatkan Engagement

Dani, Annisa Sekar (2021) Strategi Komunikasi CV Ardata Media Dalam Pembuatan Konten Instagram I Q Baby Untuk Meningkatkan Engagement. Diploma thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
TA_HUMAS_Annisa Sekar Dani.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

CV. Ardata Media merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang
teknologi informasi (IT). CV. Ardata Media memberikan pelayanan jasa
perencanaan serta pengembangan aplikasi website sebagai media promosi usaha
dijaringan internet. Layanan ini termasuk kedalam web developmen, dimana
layanannya berupa desain web, domain dan hosting dan website maintance. Pada
layanan digital marketing CV. Ardata Media Semarang memberikan layanan dalam
mengkonsep serta mengoptimalkan produk ataupun usaha melalui internet. Adapun
layanan yang diberikan yaitu SEO (Search Engine Optimation), Instagram Ads,
Facebook Ads dan follow dan like pada Instagram.
Sebagai perusahaan penyedia jasa layanan social media managemen sudah
seharusnya CV Ardata Media memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan
kepada kliennya. Yaitu dengan mengoptimalkan sosial media bisnis, mulai dari
desain, copywriting hingga periklanan dari kliennya. Salah satu kliennya yaitu I Q
Baby. Meningkatkan engagement konten merupakan bagian dari layanan
pengoptimalan sosial media bisnis. Namun, CV Ardata Media dalam layanannya
yaitu meningkatkan engagement konten masih kurang optimal. Dapat dilihat dari
rata-rata jumlah engagement konten I Q Baby dalam bentuk respon komentar, like,
dan sahre pada bulan Mei. Maka dari itu CV Ardata Media menerapkan strategi
komunikasi dalam pembuatan kontennya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan strategi komunikasi CV Ardata Media dalam pembuatan konten
Instagram I Q Baby untuk meningkatkan engagement. Teknik pengumpulan data
melalui interview guide dengan wawancara mendalam atau indepth interview data
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
viii
Hasil penelitian ini menunjukan strategi komunikasi yang digunakan oleh
CV Ardata Media melalui tahapan-tahapan perencanaan komunikasi yaitu
komunikator mengidentifikasi audiens sasaran, menetapkan respon atau tujuan yang
diinginkan, menyusun strategi pesan, strategi pemilihan media, menghimpun umpan
balik dari audiens. Tahap identifikasi audiens sasaran menggunakan fitur insight
pada Instagram untuk mendapatkan data geografi, demografi, psikografi, perilaku
dan manfaat dari followers I Q Baby. Tahap selanjutnya dengan menetapkan respon
atau tujuan yang diinginkan, dalam hal ini tujuan dari CV Ardata Media yaitu
mengoptimalkan sosial media bisnis, mulai dari desain, copywriting hingga
periklanan. Serta mengupayaannya dengan menerapkan strategi komunikasi dalam
pembuatan kontennya. Menyusun strategi pesan dimulai dengan membuat isi pesan,
menentukan struktur pesan, format pesan dan mencantumkan sumber pesan.
Tahapan strategi pemilihan media tujuannya agar konten yang disampaikan mampu
tersebar secara meluas sesuai dengan target yang diinginkan. Tahapan terakhir yaitu
menghimpun umpan balik dari audiens, dilakukan dengan cara melihat hasil
engagement yang didapatkan pada konten yang telah di bagikan, tujuannya untuk
bahan evaluasi konten selanjutnya. CV Ardata Media menggunakan strategi
komunikasi untuk menciptakan komunikasi yang efektif agar mampu meningkatkan
engagement konten I Q Baby.
Kata Kunci : CV Ardata Media, Strategi Komunikasi, Engagment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : CV Ardata Media, Strategi Komunikasi, Engagment.
Subjects: Humanities
Divisions: School of Vocation > Diploma in Public Relations
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:33
Last Modified: 10 Jan 2024 07:34
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20109

Actions (login required)

View Item View Item