Search for collections on Undip Repository

FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM PENENTUAN JUMLAH ANAK YANG DIINGINKAN REMAJA BERPENDIDIKAN TINGGI (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO)

ZAHRA, ANANDALIA ATHAYA (2024) FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM PENENTUAN JUMLAH ANAK YANG DIINGINKAN REMAJA BERPENDIDIKAN TINGGI (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO ANANDALIA.pdf - Published Version

Download (434kB)

Abstract

Proporsi penduduk Indonesia mengalami perubahan, yang sebelumnya didominasi oleh usia muda sekarang semakin didominasi oleh usia produktif. Fenomena ini disebut dengan bonus demografi. Ini merupakan kesempatan emas bagi Indonesia untuk meningkatkan kemajuan bangsa. Namun, sering kali terlupakan bahwa bonus demografi juga menandakan akan menurunnya tingkat kelahiran yang dapat membawa masalah baru jika tidak ditangani. Oleh karena itu, masyarakat khususnya remaja perlu terlibat dalam upaya pemerintah untuk menjaga keseimbangan proporsi penduduk dengan merencanakan jumlah anak yang diinginkan kelak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 Universitas Diponegoro. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan cluster sampling yang mana sampel dari setiap cluster dibagi secara proporsional. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Forms. Hasil uji chi-square diperoleh hasil bahwa variabel jenis kelamin (p-value = 0,987), daerah asal (p-value = 0,624), status ekonomi keluarga (p-value = 0,297), dan pengetahuan (p-value = 1,000) tidak berhubungan dengan jumlah anak yang diinginkan remaja. Hasil uji korelasi diperoleh hasil bahwa variabel usia (p-value = 0,037) dan ukuran keluarga (p-value = 0,014) memiliki hubungan yang sangat lemah dengan jumlah anak yang diinginkan remaja. Analisis multivariat menggunakan regresi logistik ganda didapatkan bahwa Variabel yang berpengaruh secara bersama-sama terhadap penentuan jumlah anak yang diinginkan remaja adalah ukuran keluarga (p-value = 0,009) dan usia (p-value = 0,043).
Kata kunci: Remaja, jumlah anak yang diinginkan, keluarga berencana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:36
Last Modified: 09 Jan 2024 08:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/20006

Actions (login required)

View Item View Item