Kartika, Faraditha Sekar Ayu and Mukson, Mukson and setiyawan, Hery (2023) ANALISIS BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG (STUDI KASUS PADA AGROWISATA KEBUN TEH PAGILARAN KABUPATEN BATANG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (877kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengunjung, serta menganalisis pengaruh faktor-faktor 7P terhadap kepuasan pengunjung Agrowisata Kebun Teh Pagilaran Kabupaten Batang. Lokasi penelitian yaitu di Agrowisata Kebun Teh Pagilaran Desa Keteleng, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pengambilan sampel secara accidental sampling. Jumlah sampel pengunjung yang diambil sebanyak 100 responden. Kriteria responden yaitu pengunjung yang pernah atau sedang berkunjung di agrowisata dan berusia di atas 17 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara berdasarkan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kepuasan tingkat pengunjung dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Variabel independen pada penelitian ini adalah 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, and Physical Evidence), sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepuasan pengunjung agrowisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis Importance Performance Analysis (IPA) dengan menggunakan diagram kartesius menunjukkan bahwa atribut yang masuk pada kuadran I adalah atribut proses pembelian tiket dan fasilitas yang tersedia. Atribut dalam kuadran II adalah produk wisata alam, harga tiket terjangkau, prosedur pemesanan, tempat parkir luas, serta keindahan alam agrowisata. Atribut kuadran III adalah wahana permainan bervariatif, kondisi jalan memadai, promosi, pelayanan petugas, dan papan informasi yang membantu. Kuadran IV adalah harga tiket kompetitif, harga tiket sesuai fasilitass, dan lokasi agrowisata yang strategis. Hasil analisis CSI menghasilkan nilai sebesar 79,60%, sehingga tergolong dalam kategori puas. Secara simultan bauran pemasaran 7P berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung, sedangkan secara parsial hanya variabel produk yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengunjung.
Kata kunci: agrowisata, CSI, IPA, kepuasan pengunjung, pagilaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | agrowisata, CSI, IPA, kepuasan pengunjung, pagilaran |
Subjects: | Animal and Agricultural Sciences |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
Depositing User: | User Agribisnis |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 03:15 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 03:15 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |