Search for collections on Undip Repository

PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK OLAHAN KOPI GINCU DI KOTA CIREBON

Winata, Tina Pandu and Budiraharjo, Kustopo and Nurfadillah, Suryani (2023) PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK OLAHAN KOPI GINCU DI KOTA CIREBON. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Bagian I_Cover.pdf

Download (815kB)
[img] Text
Bagian II_BAB 1.pdf

Download (523kB)
[img] Text
Bagian III_BAB 2.pdf

Download (635kB)
[img] Text
Bagian IV_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text
Bagian V_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text
Bagian VI_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
Bagian VII_Dafpus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Penelitian bertujuan mengidentifikasi karakteristik konsumen produk olahan Kopi Gincu, menganalisis bauran pemasaran 7P yang diterapkan beserta pengaruhnya pada loyalitas konsumen produk olahan Kopi Gincu di Kota Cirebon. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2022 – Februari 2023. Lokasi pelaksanaan penelitian yaitu di Kopi Gincu yang berada di Kelurahan Sedong Lor, Kecamatan Sedong, Kota Cirebon. Penelitian menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling, sampel berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas konsumen adalah laki-laki, berusia 18 – 25 tahun, rata-rata konsumen masih berstatus pelajar/mahasiswa, berdomisili dari Kota Cirebon, memiliki pendapatan per bulan berkisar antara kurang dari Rp 500.000, jumlah pembelian yang banyak dilakukan untuk satu kali datang dan mengkonsumsi Kopi Gincu sebesar Rp 25.001 sampai dengan Rp 75.000. Mayoritas konsumen mengunjungi Kopi Gincu bersama dengan temannya (teman sekolah, teman kuliah ataupun teman kerja) dan mayoritas mengetahui informasi tempat/lokasi Kopi Gincu dari media sosial dan juga rekomendasi orang lain (teman, pacar atau keluarga). Secara deskriptif bauran pemasaran price dan place tergolong kedalam skala netral, yang artinya konsumen netral terhadap penerapannya di Kopi Gincu, sedangkan bauran pemasaran product, promotion, people dan physical evidence tergolong kedalam kategori setuju, yang artinya konsumen menyetujui penerapannya dalam Kopi Gincu. Variabel product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen produk olahan Kopi Gincu di Kota Cirebon. Namun secara parsial hanya 4 variabel yang berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, yakni harga/price, tempat/place, proses/process, dan bukti fisik/physical evidence. Variabel bauran pemasaran product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence mampu menjelaskan variasi perubahan variabel loyalitas konsumen sebesar 79,3%. Sedangkan sisanya 20,7% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model.

Kata Kunci: Cirebon, Coffee Shop, Destinasi Wisata, Kopi, Produk jadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cirebon, Coffee Shop, Destinasi Wisata, Kopi, Produk jadi.
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:16
Last Modified: 15 Jan 2024 03:16
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19954

Actions (login required)

View Item View Item