Search for collections on Undip Repository

Model Peramalan Fuzzy Time Series Orde-Tiga dengan Mempertimbangkan Hubungan Jangka Panjang Orde-Satu

Fadhil, Muhammad (2023) Model Peramalan Fuzzy Time Series Orde-Tiga dengan Mempertimbangkan Hubungan Jangka Panjang Orde-Satu. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
File 1 (Pendahuluan) - Muhammad Fadhil.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 2 (Isi) - Muhammad Fadhil.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
File 3 (Daftar pustaka) - Muhammad Fadhil.pdf

Download (1MB)

Abstract

"Perkembangan model fuzzy time series dengan tujuan meningkatkan akurasi peramalan telah dilakukan dengan banyak macam cara. Pembentukkan fuzzy logical relationship menjadi salah satu hal dikembangkan karena memiliki peran yang sangat penting dalam peramalan fuzzy time series. Hubungan jangka pendek (short-association) dalam fuzzy logical relationship sering digunakan karena keadaan masa lalu dianggap memengaruhi keadaan selanjutnya secara berurutan. Di sisi lain, hubungan jangka panjang (long-association) dapat dibentuk di mana keadaan masa lalu memengaruhi keadaan selanjutnya secara tidak berurutan. Oleh karena itu, dalam skripsi ini penulis menggunakan hubungan jangka panjang sebagai pertimbangan peramalan fuzzy time series orde-tiga. Model ini diterapkan pada harga saham penutupan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dengan hasil peramalan yang sangat bagus, dengan nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 1,175008% untuk α=0,1 dan 1,192646% untuk α=0,2.
Kata kunci: peramalan, fuzzy time series, peramalan fuzzy time series orde-tiga, fuzzy logical relationship jangka panjang orde-satu."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:09
Last Modified: 08 Jan 2024 06:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19936

Actions (login required)

View Item View Item