Search for collections on Undip Repository

ANALISIS DISTRIBUSI PEMASARAN DAN FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN NELAYAN BOUKE AMI DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA NIZAM ZACHMAN JAKARTA (23dpt77)

PRABOWO, PUTUT ADI (2023) ANALISIS DISTRIBUSI PEMASARAN DAN FAKTOR -FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN NELAYAN BOUKE AMI DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA NIZAM ZACHMAN JAKARTA (23dpt77). Undergraduate thesis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

[img] Text
Putut Adi Prabowo 23dpt77.pdf

Download (457kB)

Abstract

ABSTRAK
(Putut Adi Prabowo 26030118140094). Analisis Distribusi Pemasaran dan Faktor – Faktor yang mempengaruhi pendapatan nelayan Bouke Ami di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta. (Abdul Kohar Mudzakir dan Bambang Argo Wibowo).
Cumi-Cumi (Loligo sp) memiliki permintaan pasar yang tinggi sehingga
menjadi salah satu hasil tangkapan target utama nelayan di PPS Nizam Zachman
untuk ditangkap. Harga jual yang memadai akan muncul dari upaya pemasaran
yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis distribusi pemasaran,
nilai margin pemasaran, fisherman’s share, efisiensi pemasaran, menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan nelayan bouke ami di PPS Nizam
Zachman Jakarta. Analisis data menggunakan analisis marjin pemasaran,
fisherman’s share, analisis efisiensi pemasaran, dan teknik regresi. Kesimpulan dari
penelitian diperoleh Distribusi PPS Nizam Zachman terbagi menjadi 2 saluran
pemasaran. Nilai margin pemasaran Cumi-Cumi di PPS Nizam Zachman Jakarta
pada saluran pertama adalah Rp 31.817, persentase margin pemasaran 40% dan
fisherman’s share 60%. Saluran pemasaran kedua adalah Rp 41.817 dengan
persentase margin pemasaran 46% dan fisherman’s share 54%. Saluran pemasaran
pertama memiliki nilai efisiensi 0,8. Saluran pemasaran kedua nilai efisiensinya
adalah 0,9. Nilai efisiensi yang dihasilkan pada masing-masing saluran kurang dari
satu. Hal ini menunjukkan bahwa sistem pemasaran masing-masing saluran
berjalan dengan efisien. Analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini
Umur, pengalaman, dan jumlah ABK semuanya berdampak pada pendapatan
nelayan bouke ami secara simultan (Uji F). Berdasarkan hasil uji t, variabel
dependen (pendapatan nelayan Bouke ami) sangat dipengaruhi oleh faktor
independen (umur, pengalaman, dan jumlah ABK). Pengalaman merupakan faktor
yang paling besar pengaruhnya terhadap pendapatan nelayan bouke ami. Hal
tersebut dapat ditunjukkan bahwa faktor pengalaman memiliki nilai t hitung sebesar
5,511 > t tabel sebesar 2,05954 dengan probabilitas signifikansi 0,000 lebih kecil
dari nilai α=5% (0,05).
Kata kunci : Cumi-cumi, Efisiensi, PPS Nizam Zachman

ABSTRACT
(Putut Adi Prabowo 26030118140094). Analysis of Distribution
Marketing and Factors influencing the income of squid fishermen (Loligo sp) at the Nizam Zachman Ocean Fishing Port, Jakarta. (Abdul Kohar Mudzakir and Bambang Argo Wibowo).
Squid (Loligo sp.) is one of the primary targets for fisherman in PPS Nizam
Zachman to catch because of its high market demand. Effective marketing
strategies will result in reasonable selling prices. The goal of this study is to
examine the elements that influence the revenue of bouke ami fishermen in PPS
Nizam Zachman Jakarta, including marketing distribution, marketing margin
value, fisherman's share, and marketing efficiency. Regression analysis,
fisherman's share, marketing efficiency analysis, and marketing margin analysis
were all used in the data analysis. The study's finding is that Nizam Zachman's PPS
distribution is split between two marketing channels. At PPS Nizam Zachman
Jakarta, the first channel's marketing margin for squid is worth IDR 31,817. The
marketing margin percentage is 40%, and the fisherman's share is 60%. With a
marketing margin of 46% and a fisherman's share of 54%, the second marketing
channel costs IDR 41,817. The efficiency score for the first marketing channel is
0.8. The value of the second marketing channel is 0.9. Each channel generates an
efficiency value that is less than one. This demonstrates how effectively each
channel's marketing system functions. analysis using multiple linear regressions.
According to the study's findings, bouke ami fishermen's revenue is simultaneously
impacted by their age, experience, and the number of crew members (Test F).
According to the findings of the t test, independent variables have a significant
impact on the dependent variable (income of Bouke ami fisherman) (age,
experience, and number of crew members). The element that has the biggest impact
on bouke ami fishermen's revenue is experience. It can be seen that the calculated
t value for the experience factor is 5.511 > t table of 2.05954, with a significant
probability of 0.000, which is less than the value of = 5%. (0.05).
Keywords : Efficiency, Squid, PPS Nizam Zachman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Cumi-cumi, Efisiensi, PPS Nizam Zachman Efficiency, Squid
Subjects: Fisheries And Marine Sciences
Divisions: Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Capture Fisheries
Depositing User: pancasila wati
Date Deposited: 05 Jan 2024 07:49
Last Modified: 05 Jan 2024 07:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19879

Actions (login required)

View Item View Item