Search for collections on Undip Repository

RANCANG BANGUN PROTOTIPE SISTEM PEMBERIAN PAKAN DAN MINUM AYAM SERTA PEMBERSIH KOTORAN SECARA OTOMATIS BERBASIS ARDUINO MEGA 2560

Ronaldo, Ronaldo (2023) RANCANG BANGUN PROTOTIPE SISTEM PEMBERIAN PAKAN DAN MINUM AYAM SERTA PEMBERSIH KOTORAN SECARA OTOMATIS BERBASIS ARDUINO MEGA 2560. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
S_TRO_Ronaldo COVER.pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text
S_TRO_Ronaldo BAB I.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text
S_TRO_Ronaldo DAPUS.pdf - Published Version

Download (138kB)

Abstract

Para peternak ayam kampung di Indonesia masih menggunakan cara manual dalam pemberian pakan, minum, pembersihan kotoran ayam, serta monitoring persediaan pakan dan minum ayam. Dengan menggunakan cara manual itu sangat tidak efektif dan efisien. Oleh karena itu, tugas akhir ini membahas pembuatan sistem kandang ayam otomatis yang mencakup pemberian pakan, minum, pembersihan kotoran, serta monitoring persediaan pakan dan minum otomatis berbasis Arduino Mega 2560 sebagai pusat kontrol. Sistem dirancang untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam memanajemen peternakan ayam yang berkelanjutan.Dalam penerapan sistem ini menggunkan sensor load cell sebagai pengukur berat pakan ayam pada wadah makan ayam, sensor water level k-0135 untuk mendeteksi ketinggian air pada wadah minum ayam, RTC DS1307 sebagai penjadwalan waktu pemberian pakan dan pembersihan kotoran ayam,sensor ultrasonic HC-SR04 untuk mendeteksi ketinggian persediaan pakan dan minum ayam pada tabung yang ditampilkan pada LCD, dan buzzer sebagai alarm Ketika ketinggian persediaan pakan dan minum. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem kandang ayam otomatis mampu bekerja secara otomatis memberikan pakan dengan nilai error sebesar 0.8%, sensor water level k-0135 mampu mengukur ketinggian air pada wadah minum ayam dengan nilai error 1.7%, Pembersihan kotoran berkeja dengan baik dengan nilai efisiensi 97.61%, dan sensor ultrasonik mampu mengukur ketinggian persediaan pakan dengan baik, dan ultrasonic juga mampu mengukur ketinggian persediaan minum dengan baik. Dengan demikian, sistem ini memiliki potensi untuk diterapkan para peternak ayam yang dimana akan lebih efisien, dan efektif dan cukup akurat.
Kata Kunci : Arduino Mega 2560, Sensor Load Cell, Sensor Water Level K-0135, Sensor Ultrasonik HC-SR04, Buzzer, LCD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Arduino Mega 2560, Sensor Load Cell, Sensor Water Level K-0135, Sensor Ultrasonik HC-SR04, Buzzer, LCD.
Subjects: Engineering
Divisions: School of Vocation > Diploma in Instrumentasi and Electronics
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 05 Jan 2024 07:14
Last Modified: 05 Jan 2024 07:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19874

Actions (login required)

View Item View Item