Search for collections on Undip Repository

UPAYA SEKURITISASI PEMERINTAH INDONESIA UNTUK MENCIPTAKAN RUANG DIGITAL YANG AMAN DARI EKSTREMISME BERBASIS KEKERASAN YANG MENGARAH PADA TERORISME DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP KEAMANAN SIBER SOSIAL

YR Sadono, Bambang (2023) UPAYA SEKURITISASI PEMERINTAH INDONESIA UNTUK MENCIPTAKAN RUANG DIGITAL YANG AMAN DARI EKSTREMISME BERBASIS KEKERASAN YANG MENGARAH PADA TERORISME DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP KEAMANAN SIBER SOSIAL. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (739kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (338kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (369kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (442kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini menyelidiki upaya sekuritisasi pemerintah Indonesia dalam membangun ruang digital yang aman dari ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme. Dengan menggunakan kerangka keamanan siber sosial dan sekuritisasi, studi ini menilai upaya sekuritisasi dan arsitektur yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia saat ini. Studi ini sendiri menggunakan pendekatan metode kualitatif, dimana wawancara dilakukan dengan pemangku-pemangku kepentingan. Temuan-temuan menunjukkan upaya sekuritisasi yang sudah dilakukan secara mumpuni oleh pemerintah Indonesia Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, pemerintah Indonesia melakukan upaya sekuritisasi melalui beberapa aktor yang melakukan tindakan speech act. Aktor-aktor tersebut adalah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, BSSN, BNPT, Kominfo, POLRI, dan DPR RI. Kemudian peneliti menemukan bahwa ekstremisme berbasis kekerasan di ruang digital yang mengarah pada terorisme sebagai sebuah existential threat dengan dampak yang dihasilkan apabila hal tersebut dibiarkan. Kemudian masyarakat Indonesia sebagai referent object karena merupakan tanggungjawab dari pemerintah sendiri untuk melindungi rakyatnya. Lalu hasil dari sekuritisasi ini adalah dua peraturan presiden yang juga menghasilkan Rencana Aksi nasional, yaitu Strategi Keamanan Siber Nasional dan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme Berbasis Kekerasan Yang Mengarah Pada Terorisme dalam mengatasi ekstremisme di ruang digital. Skripsi ini diakhiri dengan rekomendasi untuk menyempurnakan kerangka keamanan siber sosial saat ini agar lebih selaras dengan sifat ruang digital yang terus berkembang. Dengan mengatasi aspek-aspek ini, pemerintah Indonesia dapat memperkuat ketahanannya terhadap tantangan yang ditimbulkan oleh ekstremisme di media digital dan memberikan perlindungan yang lebih baik kepada warga negaranya di era digital. Studi ini memberikan wawasan berharga terhadap wacana yang sedang berlangsung mengenai keamanan siber sosial dan penerapannya dalam melawan ekstremisme berbasis kekerasan, serta menawarkan rekomendasi praktis berupa kerangka kerja BEND bagi para pembuat kebijakan, ahli keamanan siber, dan pemangku kepentingan yang ikut berupaya dalam mengamankan ruang digital Indonesia.
Kata Kunci: upaya pemerintah, sekuritisasi, keamanan siber sosial, ruang digital, ekstremisme berbasis kekerasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:37
Last Modified: 05 Jan 2024 03:37
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19784

Actions (login required)

View Item View Item