Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET OF THINGS (IoT) TERHADAP PEMASARAN HASIL PANEN PEMBUDIDAYA SKALA KECIL DI KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG (23da6)

SAMSURI, AGUS (2023) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET OF THINGS (IoT) TERHADAP PEMASARAN HASIL PANEN PEMBUDIDAYA SKALA KECIL DI KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG (23da6). Undergraduate thesis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

[img] Text
Agus Samsuri 23da6.pdf

Download (632kB)

Abstract

ABSTRAK
Agus Samsuri. 26020119120015. Pengaruh Penggunaan Internet of Things
(IoT) Terhadap Pemasaran Hasil Panen Pembudidaya Skala Kecil di Kecamatan
Tugu Kota Semarang. (Tita Elfitasari dan Dicky Harwanto).
Internet of Things (IoT) merupakan suatu konsep yang bertujuan untuk
memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus
menerus. Internet of Things dalam penerapannya juga dapat mengidentifikasi,
menemukan, melacak, memantau objek dan memicu event terkait secara otomatis.
Pengembangan penerapannya berdampak besar pada masyarakat manajemen
ekonomi, operasi produksi, sosial manajemen dan kehidupan pribadi. Tindakan
ekonomi yang berpengaruh terhadap tinggi rendahnya pendapatan pembudidaya.
Oleh karena itu tingginya produksi tidak selalu memberikan keuntungan yang
tinggi tanpa disertai pemasaran yang baik dan efisien. Saat ini pemasaran bisa
dilakukan melalui teknologi internet yang sangat cepat dan mampu menjangkau
konsumen secara global dalam waktu singkat. Metode ini dapat menekan biaya
operasional pemasaran serta dapat meningkatkan profit penjualan. Faktor utama
yang mendasari suatu usaha budidaya perikanan dapat dikatakan berhasil apabila
dapat memasarkan dan meningkatkan penjualan produknya. Penelitian ini
bertujuan untuk untuk mengetahui Pengaruh Internet of Things terhadap pemasaran
hasil panen pembudidaya skala kecil di Kota Semarang. Data yang diperoleh
dianalisis secara kuantitatif dengan pembagian kuesioner sebanyak 40 orang
kelompok pembudidaya di Kecamatan Tugu Kota Semarang Jawa Tengah.
Penelitian ini menggunakan indikator dari faktor Internet of Things yang terdiri dari
Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Behavioral Intention of Use serta
faktor pemasaran terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi. Hasil penelitian
uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa IoT memberikan pengaruh secara
signifikan terhadap faktor pemasaran dengan nilai 0,003. Hal tersebut membuat
para pembisnis mengeluarkan strategi pemasaran yang efektif untuk mendapatkan
laba dan mempertahankannya. Salah satu strategi pemasaran yang terbukti ampuh
bagi semua pembudidaya tanpa mengeluarkan biaya besar, dan juga memilik
dampak positif bagi pembudidaya adalah Internet.
Kata Kunci: Ekonomi, Harga, Internet of Things, Pemasaran, Pembudidaya

ABSTRACT
Agus Samsuri. 26020119120015. The Influence of Using the Internet of
Things (IoT) on the Marketing of Small-Scale Farmers Yields in Tugu District
Semarang City. (Tita Elfitasari and Dicky Harwanto)
Internet of Things (IoT) is a concept that aims to expand the benefits of
continuously connected internet connectivity. Internet of Things in its application
can also identify, locate, track, monitor objects and trigger related events
automatically. The development of its application has a great impact on society's
economic management, production operations, social management and personal
life. Economic actions that affect the high and low income of cultivators. Therefore
high production does not always provide high profits without good and efficient
marketing. . Currently marketing can be done through internet technology which is
very fast and able to reach consumers globally in a short time. This method can
reduce marketing operational costs and can increase sales profits. The main factor
underlying a fish farming business can be said to be successful if it can market and
increase sales of its products. This study aims to determine the effect of the Internet
of Things on the marketing of small-scale cultivators' crops in the city of Semarang.
The data obtained was analyzed quantitatively by distributing questionnaires to 40
cultivator groups in Tugu District, Semarang City, Central Java. This study uses
indicators from the Internet of Things factor consisting of Perceived Ease of Use,
Perceived Usefulness, Behavioral Intention of Use as well as marketing factors
consisting of product, price, place and promotion. The results of the simple linear
regression test show that IoT has a significant influence on marketing factors with
a value of 0.003. This makes business people issue effective marketing strategies to
get profits and maintain them. One marketing strategy that has proven to be
effective for all cultivators without spending a lot of money, and also has a positive
impact on cultivators is the Internet.
Keyword: Economy, Farmers, Internet of Things, Marketing, Price

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi, Harga, Internet of Things, Pemasaran, Pembudidaya Economy, Farmers, Marketing, Price
Subjects: Fisheries And Marine Sciences
Divisions: Faculty of Fisheries and Marine Sciences > Department of Aquaculture
Depositing User: pancasila wati
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:30
Last Modified: 04 Jan 2024 04:32
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19706

Actions (login required)

View Item View Item