Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Karakteristik Pasien Hipertensi dengan Keikutsertaan Program Rujuk Balik di Rumah Sakit Nasional Diponegoro

Utami, Ardifa Dwicahya Aprilli and Utami, Aras and Pramudo, Setyo Gundi (2023) Hubungan antara Karakteristik Pasien Hipertensi dengan Keikutsertaan Program Rujuk Balik di Rumah Sakit Nasional Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (ABSTRAK-KTI)
ABSTRAK-KTI_Ardifa Dwicahya Aprilli Utami.pdf

Download (10kB)

Abstract

Latar belakang: Pelaksanaan program rujuk balik di negara berkembang cenderung belum optimal dan terjadi penurunan jumlah kasus rujukan dari tahun 2018-2021. Sebagian besar pasien hipertensi tidak dirujuk balik dikarenakan faktor yang berkaitan dengan karakteristik demografi dan klinis. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik pasien hipertensi dengan keikutsertaan program rujuk balik di Rumah Sakit Nasional Diponegoro. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional jenis kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Analisis statistik menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, uji Chi-square, uji t sampel independent, dan uji Mann Whitney. Hasil: Sebanyak 97 sampel yang memenuhi kriteria dilakukan penelitian menggunakan rekam medik. Hasil penelitian diperoleh adanya hubungan signifikan antara usia (p=0,001), riwayat komorbid / komplikasi (p-0,010), obat hipertensi (p=0,002), dan tekanan darah sistolik (p=0,011) dengan keikutsertaan PRB. Tidak ditemukan adanya hubungan signifikan antara jenis kelamin (p=1,000), kesesuaian obat (p=N/A), dan tekanan darah diastolic (p=0,690) dengan keikutsertaan PRB. Faktor yang dominan berpengaruh terhadap keikutsertaan PRB adalah usia, riwayat komorbid / komplikasi, dan tekanan darah sistolik. Simpulan: Terdapat hubungan antara usia, riwayat komorbid / komplikasi, obat hipertensi, dan tekanan darah sistolik dengan keikutsertaan PRB, namun tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin, tekanan darah diastolik, dan kesesuaian obat hipertensi dengan keikutsertaan PRB.
Kata kunci : Program Rujuk Balik, Hipertensi, Usia, Jenis Kelamin, Komorbid, Komplikasi, Obat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Program Rujuk Balik, Hipertensi, Usia, Jenis Kelamin, Komorbid, Komplikasi, Obat.
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Medicine
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 02 Jan 2024 01:18
Last Modified: 02 Jan 2024 01:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19616

Actions (login required)

View Item View Item