Search for collections on Undip Repository

PERAN ULAMA KALANGAN NAHDLATUL ULAMA (NU) DALAM KONTESTASI PEMILIHAN BUPATI DI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2020

Sukma Cahyani, Amalia (2023) PERAN ULAMA KALANGAN NAHDLATUL ULAMA (NU) DALAM KONTESTASI PEMILIHAN BUPATI DI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2020. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (783kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (709kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (665kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (238kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (367kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)

Abstract

Keterlibatan ulama dalam kontestasi politik memiliki pengaruh yang cukup besar, dikarenakan ulama merupakan panutan bagi masyarakat, tidak hanya dalam kehidupan agama namun kerap kali ulama juga menjadi panutan dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini kemudian dimanfaatkan para aktor politik guna mendulang suara dengan mendekati ulama, seperti yang terjadi pada Kontestasi Politik Pemilihan Bupati Kabupaten Purbalingga tahun 2020. Menarik untuk dapat diketahui bagaimana peran dari Ulama kalangan Nahdlatul Ulama dalam Pemilihan Bupati Kabupaten Purbalingga pada tahun 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran serta faktor-faktor yang menjadikan Ulama dari kalangan Nahdlatul Ulama turut berperan dalam kontestasi Pemilihan Bupati Kabupaten Purbalingga tahun 2020.Dengan menggunakan teori perilaku politik oleh Ramlan Surbakti dan Teori Elite oleh Pareto dan Putnam, penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kualitatif deskripstif dengan memperoleh data dan informasi sesuai dengan apa yang dilapangan.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa peran Ulama dari Kalangan Nahdlatul Ulama pada Pemilihan Bupati di Kabupaten Purbalingga pada tahun 2020 adalah sebagai tokoh yang menjadi rujukan akan keilmuannya dan menjadi referensi dalam menentukan sikap politik. Yang melatarbelakangi Ulama atau kyai Nahdlatul Ulama untuk turut dalam proses Pemilihan Bupati Purbalingga utamanya ialah faktor agama dan hubungan saling membutuhkan agama dengan politik.
Kata Kunci : Peran, Elite Agama, Pemilihan Bupati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:39
Last Modified: 29 Dec 2023 07:39
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19592

Actions (login required)

View Item View Item