Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK MELALUI WEBSITE KELURAHAN JANGLI 2023

Naufal, Rafi Candra (2023) PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN PUBLIK MELALUI WEBSITE KELURAHAN JANGLI 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (729kB)
[img] Text
bab 1.pdf - Submitted Version

Download (297kB)
[img] Text
bab 2.pdf - Submitted Version

Download (459kB)
[img] Text
bab 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
bab 4.pdf - Submitted Version

Download (91kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (131kB)

Abstract

Kelurahan Jangli yang terletak di Kecamatan Tembalang, Kota Semarang,
Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu kelurahan yang menerapkan Sistem
Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Kota Semarang berupaya meluaskan
pelayanan elektronik ke seluruh instansi pemerintahan melalui Peraturan Walikota
yang telah diterbitkan. Salah satu bentuk dalam menerapkan sistem tersebut Kelurahan
Jangli membuat website dalam rangka menyelaraskan sistem yang telah dibuat oleh
Kota Semarang. Temuan di lapangan menunjukan beberapa hasil yang berlandaskan
elemen-elemen keberhasilan penerapan E-Government yakni support, capacity, dan
value. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif, pada tahap
pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, dan wawancara. Selain itu data
sekunder juga digunakan sebagai pendukung yang berasal dari jurnal, buku, dan artikel
internet.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwasanya dari elemen-elemen keberhasilan
penerapan e-government yang digunakan sebagai landasan peneliti dalam meneliti
website Kelurahan Jangli yakni dari elemen support Kota Semarang sebagai pemangku
kebijakan memiliki keinginan yang tinggi untuk menerapkan e-government dengan
memberikan berbagai dukungan. Sementara dari elemen capacity sendiri untuk basis
layanan sistem didalam website sendiri masih kurang memadai untuk perihal
pelayanan yang dapat langsung dilakukan didalam website itu sendiri. Terakhir, elemen
value sendiri menunkan bahwasanya manfaat yang disampaikan oleh pihak kelurahan
hanya dalam tataran mempermudah untuk mempublikasikan kegiatan. Sedangkan
masyarakat sendiri hanya dalam tahap mengetahui dan belum memanfaatkan website
tersebut dengan maksimal.
Kata Kunci : E-Government, Kelurahan Jangli, Website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Government Science
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Dec 2023 06:48
Last Modified: 29 Dec 2023 06:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19581

Actions (login required)

View Item View Item