Search for collections on Undip Repository

Inovasi Pelayanan Publik melalui Aplikasi “RAGEM” (Religius, Adaptable, Great, Educated, Modern) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang

Khoirunnisa, Iin (2023) Inovasi Pelayanan Publik melalui Aplikasi “RAGEM” (Religius, Adaptable, Great, Educated, Modern) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
COVER..pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II (1).pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB III (1).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf - Submitted Version

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Submitted Version

Download (306kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)

Abstract

Inovasi pelayanan publik merupakan suatu terobosan pembaharuan yang
dibutuhkan pemerintah dan masyarakat dalam jangka waktu panjang. Oleh
demikian, diciptakannya aplikasi “RAGEM” merupakan aplikasi online yang
dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang yang dibentuk sebagai
media untuk kebutuhan masyarakat dalam mengakses informasi publik dan
sebagai media dalam menampung laporan pengaduan publik. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisa pelaksanaan inovasi pelayanan publik melalui
aplikasi “RAGEM” yang mengacu pada karakteristik inovasi dan
mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendorong Inovasi Pelayanan
Publik melalui Aplikasi “RAGEM”. Pelaksanaan inovasi pelayanan publik
melalui aplikasi “RAGEM” dilihat dari fenomena yang mengacu pada
karakteristik inovasi pelayanan menurut Everett M. Rogers yaitu keuntungan
relatif, kesesuaian, kerumitan, kemudahan diamati, dan kemungkinan dicoba.
Sedangkan dalam melihat faktor penghambat dan faktor pendorong dilihat dari
faktor organisasi, faktor budaya, dan faktor manusia menurut Fontana. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan
data metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada tahun 2023 terdapat
penurunan tingkat penyelesaian pelaporan dibandingkan tahun sebelumnya semua
laporan dapat terselesaikan. Kendala dalam pelaksanaannya yaitu belum
terlaksana secara optimal dan memiliki beberapa masalah mulai dari sumber daya
manusia, kecepatan, infrastruktur listrik yang kurang memadai, respon aplikasi
hingga kualitas dari aplikasinya sendiri. Namun begitu, secara umum aplikasi
“RAGEM” memberikan nilai lebih, manfaat, dan kepuasan bagi pemerintah dan
masyarakat Kota Serang. Demi menjaga kinerja “RAGEM” sebagai suatu
aplikasi, disarankan pihak pengelola untuk melakukan pemeliharaan rutin pada
aplikasi “RAGEM” dan perlunya sosialisasi yang merata ke masayarakat agar
“RAGEM” lebih dikenal.
Kata Kunci: Inovasi Pelayanan Publik, Aplikasi “RAGEM”, Pengaduan Publik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Dec 2023 04:43
Last Modified: 03 Jun 2024 07:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/19573

Actions (login required)

View Item View Item